NEWS

Pemprov Sultra Tinjau Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Kapal Malam

804
×

Pemprov Sultra Tinjau Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Kapal Malam

Sebarkan artikel ini

KENDARI, mediakendari.com – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara diwakili oleh  Kasatpol PP Pemprov Sultra Hamim Imbu  meninjau arus mudik lebaran di Pelabuhan Kapal Malam, Kota Kendari pada Jum’at ( 05/04/ ) malam.

Dalam jumpa pers kasatpol PP Pemprov Sultra Hamim Imbu  menyampaikan arahan Pj Gubernur terkait langkah-langkah pemerintah  mengenai melonjaknya penumpang agar  tetap menjaga keselamatan, ketententraman  dan ketertiban.

“Selanjutnya upaya  untuk memfasilitasi para pemudik yang bepergian selama Lebaran, misalnya petugas kesehatan atau pekerja penting lainnya Pemerintah dan tim terpadu sudah ada pembagian disetiap tupoksi. Harapan gubernur mari bersama-sama selenggarakan mudik dengan baik kalau ada gangguan segera melapor kepada stekholder yang terkait,”ujarnya.

“Terkhususnya untuk ASN mudik cukup lama hingga sampai tanggal 16 himbaunya agar dalam perjalanan  mudik tetap selalu menjaga keselamatan,  dan tepat waktu,”pungkasnya.

Ia menambahkan, KPLP dan KSOP(Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) menyiapkan Kapal yang pertama AKSAR SAPUTRA 08 dengan kapasitas penumpang 335 dengan pemberangkatan pukul 20:00 wita kemudian untuk kapal cadangan kapal UKI RAYA  23 dengan kapasitas penumpan 320 orang, namun jika penumpang makin molanjak banyak akan disiapkan lagi armada mekar teratai dengan kapasitas penumpang 174 orang.

“Kemudian Polri terkait kamtibmas  telah mengutarakan sudah menyiapkan posko dipelabuhan nusantara  dengan jumlah sebanyak  21 personil serta dari pihak Polda sebanyak 29 persenonil total keseluruhan sebanyak  50 personil,” kata Kasatpol PP tersebut.

Angkatan Laut, bekerja sama menkoordinasikan kemanan disetiap pelabuhan penyebrangan dan masing-masing penyebrangan menyiapkan sebanyak  2 personil.

Sementara itu, Satpol PP bersama Dinas Kominfo melakukan pemantauan dan peliputan bersama. Pada malam ini dilaksanakan di Pelabuhan Rakyat Kendari, memantau arus mudik. Malam ini arus mudik memberangkatkan 2 kapal menuju Raha. Kedua kapal tersebut untuk mengatasi kepadatan arus mudik menuju Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah.

Rencana Sabtu pagi ini, akan dilakukan pemantauan di Pelabuhan Nusantara Kendari untuk memantau arus mudik yang menggunakan kapal Cepat menuju Pelabuhan Raha dan Pelabuhan Murhum Bau-Bau.(tim MK)

You cannot copy content of this page