oleh

Penyulingan Nilam di Kolut Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

-NEWS, SULTRA-194 dibaca

Reporter: Pendi
Editor: La Ode Adnan Irham

LASUSUA – Satu pabrik penyulingan Nilam di Desa Tambuha, Kecamatan Watunohu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) milik Haji Rafi ludes terbakar. Kerugian akibat peristiwa yang terjadi sekitar pukul 12.00 WITA, Kamis (9/1/2020) ditaksir mencapai Rp 100 Juta.

Keluarga Haji Rafi yang juga Kepala Desa Tambuha, Amirullah yang diwawancarai, Jumat (10/1/2020) mengatakan, saat kejadian tak ada aktivitas di tempat itu, termasuk para pekerja juga tidak ada di tempat.

“Jadi diduga karena masih ada sisa api di tungku bekas pembakaran,” katanya.

Saat kejadian, 10 personil dengan satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan memadamkan api. Petugas berhasil memadamkan api sekitar 30 menit.

Lokasinya yang jauh dari jalan poros, sempat menyulitkan tim pemadam menuju titik api. Hal itu juga menjadi keuntungan tersendiri, sehingga api tidak menjalar ke pemukiman.

Koordinator Pemadam Kebakaran Pos 2, Sanusi menuturkan, awal kebakaran tersebut diketahui warga sekitar yang melihat gumpalan asap dari kejauhan.

Ya kendalanya waktu kami tadi menuju ke tempat kejadian jalan menuju TKP, sangat sempit dan banyaknya kabel melintang yang pendek,” ujarnya.

Belum diketahui pasti penyebab api, saat ini Polsek Ngapa sementara melakukan penyelidikan. (B)

Terkini