NEWS

Perkuat Kesamaan Persepsi untuk Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Konsolidasi dengan Pewarta

1067
×

Perkuat Kesamaan Persepsi untuk Pemilu 2024, Bawaslu Baubau Konsolidasi dengan Pewarta

Sebarkan artikel ini
Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Baubau, Muhammad Yusran Elfargani (Kiri) saat memberi sambutan.

BAUBAU,MEDIAKENDARI.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar konsolidasi bersama sejumlah rekan pewarta maupun jurnalis di daerah itu dengan mengusung tema ‘Peran media massa dalam mewujudkan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang demokratis dan berkualitas’ di salah satu hotel di Kota Baubau, Rabu 14 Juni 2023.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Baubau, Muhammad Yusran Elfargani mengatakan konsolidasi dilakukan agar memperkuat kesamaan persepsi antara peran wartawan ataupun jurnalis dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan yang tahapannya sudah dimulai.

“Antara Bawaslu dan Media memiliki tugas yang sama yakni menjaga agar pemilu jujur, adil dan demokratis serta mensejahterakan. Tugas Bawaslu harus tersampaikan ke publik, ke masyarakat sesuai amanah Undang-Undang karena itu kita butuh media,” ucap Yusran Elfargani dalam sambutannya.

Ia menilai, menjelang pemilu biasanya banyak pemberitaan yang dapat mengganggu kondusifitas pemilu seperti kampanye hitam, informasi yang cenderung menyudutkan pihak tertentu dan hoax.

Menurutnya, banyak pihak tertentu memanfaatkan media sosial (Medsos) diantaranya memberikan pernyataan tidak berimbang yang dapat memicu potensi konflik.

“Biasanya dipengaruhi medsos. Makanya kami mencoba membuat pola koordinasi dan komunikasi sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing supaya pengawasan pemilu dapat diketahui oleh publik,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page