KendariNEWSPROV SULTRA

Pimpin Apel Kesiapan Bulan K3 2024, Pj Gubernur Sampaikan Tiga Hal

825
×

Pimpin Apel Kesiapan Bulan K3 2024, Pj Gubernur Sampaikan Tiga Hal

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto memimpin apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 dengan tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” di Kantor Gubernur Sultra, Senin 15 Januari 2024.

Andap memulainya dengan membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), yang esensinya mengajak untuk menggelorakan K3 guna menekan angka kecelakaan kerja.

“Tingkatkan pemahaman dan kesadaran penerapan norma ketenagakerjaan, membangun budaya K3. Insyaa Allah angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat kita eliminir yang pada akhirnya diharapkan mampu tingkatkan produktivitas kerja. Tenaga kerja juga dimasukan dalam SDGs (sustainable development goal),” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan tiga atensi kepada Pengawas Ketenagakerjaan dan juga Pemberi Kerja (Pengusaha). Pertama, tingkatkanlah kesadaran keselamatan kerja bagi Pekerja, berikan pelatihan, sediakan alat pelindung diri sesuai SNI. Kedua, tegakkan aturan sesuai regulasi yang ada. Ketiga, ubah cara berfikir (Mindset) dan teknologi bekerja melalui proses pendataan yang valid dan digitalisasi.

Ia menambahkan agar melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, pahami serta implementasikan berbagai peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan dengan baik

Andap juga membeberkan bahwa pada tahun 2023, angka pekerja yang wafat mengalami penurunan.

“Berdasarkan data Disnaker, tahun 2023 angka pekerja yang wafat mengalami penurunan menjadi 20 pekerja, dimana sebelumnya tahun 2021 sebanyak 21 pekerja, dan tahun 2022 sebanyak 25 pekerja. Kedepan saya harapkan dapat kita tekan bahkan zero accident,” ungkapnya.

Pada apel tersebut juga diserahkan penghargaan bagi 3 (tiga) perusahaan dengan angka kecelakaan nihil dan bantuan kepada penerima ahli waris yakni :

1. PT DSSP Power Kendari, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 10.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak September 2016 sampai dengan Desember 2023;

2. PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 7.500.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak Januari 2021 sampai dengan Desember 2023;

3. PT Apollo Nickel Indonesia, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 2.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan.

“Penghargaan ini sebagai motivasi untuk perusahaan lainnya agar menerapkan K3 dengan baik sehingga dapat mencapai angka zero accident ke depan diharapkan banyak perusahaan yang semakin banyak dapat meraih predikat ini,” tutupnya.

You cannot copy content of this page