NEWSPemerintahan

Pimpin Apel Siaga Peringatan Bulan PRB, Pj Gubernur Sultra : Semoga Bermanfaat

675
×

Pimpin Apel Siaga Peringatan Bulan PRB, Pj Gubernur Sultra : Semoga Bermanfaat

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol  Andap Budhi Revianto memimpin langsung Apel Siaga dalam rangka kesiapan dan peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tahun 2023, di eks MTQ Pelataran Tugu Religi Sultra, Rabu 11 Oktober 2023.

Andap mendukung penuh acara puncak PRB. Ia berharap kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai harapan dan membawa manfaat bagi rakyat, bangsa dan negara.

“Diharapkan akan mampu memberikan manfaat yaitu pertama, meningkatnya koordinasi kemitraan antar pemerintah, pemerintah daerah serta lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis PRB. Kedua, adanya komitmen bersama antar Pemerintah, Pemerintah daerah serta lembaga usaha dan masyarakat dalam pengembangan pembangunan berbasis PRB dan ketiga, adanya masukan yang membangun dalam rangka perencanaan program bidang PRB,” ungkap Andap dalam sambutannnya.

Menurutnya, apel siaga hari ini menunjukkan awal kesiapsiagaan kita dan menentukan, menjalankan, memonitoring serta mengevaluasi langkah-langkah strategis PRB.

“Tujuan umum peringatan PRB tahun ini adalah untuk membangun kesadaran bersama untuk membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB, serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Ia menyebut, tujuan khusus BNPB menetapkan peringatan bulan PRB 2023 yakni mengembangkan kemitraan antara Pemerintah, Pemda, Lembaga usaha dan masyarakat dalam pembangunan yang berkesinambungan serta berbasis pengurangan resiko bencana (PRB). Melakukan sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil nyata pelaku lembaga usaha dan masyarakat dalam PRB dan mendapatkan masukan-masukan dalam rencana pembangunan.

Berdasarkan undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, Pertama bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat, Kedua  potensi penyebab bencana di wilayah NKRI yang dikelompokkan kedalam 3 jenis, yakni bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial, ketiga mengingatkan penanggulangan bencana. Dan diakhiri kegiatan dilanjutkan dengan persiapan simulasi bencana banjir yang disaksikan langsung Pj Gubernur Sultra dan para pejabat terkait.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang telah memberikan kesempatan bagi Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tanggal 10-15 Oktober 2023. Sekali lagi saya sampaikan ucapan terima kasih atas nama seluruh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat kemudian kepada seluruh peserta dan tamu undangan pada puncak peringatan bulan PRB, hadir juga Gubernur se-Indonesia saya mengucapkan selamat datang di bumi anoa Sulawesi Tenggara yang kita cinta untuk menunjukkan kesiapan kita secara fisik,” katanya.

You cannot copy content of this page