NEWS

Pisah Sambut Komisioner KPU Muna Diselimuti Suasana Haru

1568
×

Pisah Sambut Komisioner KPU Muna Diselimuti Suasana Haru

Sebarkan artikel ini

MUNA, MEDIAKENDARI.COM – KPU Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pisah sambut Komisioner masa jabatan 2018-2023 bersama Komisioner baru dengan masa jabatan 2023-2028, Kamis 6 Juli 2023.

Kegiatan yang digelar di gedung aula kantor KPU Muna tersebut berjalan dengan diselimuti suasana haru tatkala para komisioner diberi kesempatan dalam menyampaikan pesan serta kesan sebelum mengucapkan salam perpisahan.

Salah seorang anggota staf sekretariat yang bertugas sebagai protokoler bahkan tak kuasa menahan tangisnya saat membacakan rangkaian kegiatan yang sedang berlangsung. Dirinya tak sanggup lagi berkata-kata karena diliputi kesedihan yang mendalam, sehingga tugasnya diambil alih oleh Kasubag Hukum dan SDM, Andi Arwin. Kendati demikian, rangkaian kegiatan tetap berjalan lancar.

Ketua KPU Muna masa bakti 2018-2023, Kubais dalam sambutannya mengaku sangat berterima kasih pada sekretariat KPU Mina yang selama ini telah banyak membantu dalam melaksanakan tugas-tugas kepenyelenggaraan hingga berjalan dengan baik.

“Saya bersyukur selama ini kita dapat bekerjasama dengan baik dan kompak. Secara kelembagaan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas salah dan khilaf. Mudah-mudahan selama ber-KPU ini, banyak memberi manfaat yang baik bagi diri sendiri, keluarga, orang lain maupun daerah kita,” ujarnya.

Menurutnya, menjadi penyelenggara harus selalu diawali dengan niat dan tujuan yang baik. Karena, dengan begitu, segala kesulitan akan bisa diselesaikan dengan baik pula. Toh, kalau masih terdapat hasil yang tidak baik, itu merupakan bagian dari ketidaksempurnaan yang memang lumrah dimiliki.

“Yang jelas, KPU bekerja sesuai aturan. Bekerja saja kita dengan baik. Pada ahirnya akan tetap kelihatan apa yang sudah kita lakukan,” sebutnya.

Kubais juga menitip pesan pada seluruh penyelenggara tingkat PPK maupun PPS untuk selalu bekerja dengan baik. Ia berharap kedepan, proses pemilu dapat berjalan lancar, aman dan damai.

“Harus fokus dan tetap semangat dalam bekerja,” cetusnya.

Senada dengan itu, Nggasri Faedah berharap, Komisioner masa jabatan 2023-2028 dapat bekerja lebih baik dan mempertahankan harmonisasi yang selama ini telah terbangun bersama pihak sekretariat.

“Harmonisasi itu perlu dipertahankan. Banyak suka yang sudah kita lewati. Terima kasih pada pak sek yang telah memberi bimbingan sehingga perjalanan kami dalam ber-KPU bisa berjalan baik,” imbuhnya.

Begitu juga dengan Yuliana Rita, Kordiv data dan informasi KPU Muna dua periode. Melalui sambungan video conference, dirinya menyampaikan permohonan maafnya yang tidak bisa hadir dalam acara pisah sambut bersama komisioner baru, dikarenakan, wanita yang akrab disapa ocher itu sedang memiliki kegiatan di luar daerah.

“Ingin rasanya ikut gabung, tapi ada sesuatu urusan yang tidak bisa saya tinggalkan,” ucapnya.

Dirinya menaruh harapan, jika apa yang telah mereka lakukan selama ini dapat dilanjutkan dengan lebih baik melalui tim Komisioner yang baru. Ucapan rasa terima kasih dan permohonan maaf juga ia haturkan pada rekan-rekan seluruh penyelenggara jikalau ada salah kata maupun tingkah laku yang pernah terjadi selama dirinya ber-KPU.

“Yang kita harapkan, nantinya kesuksesan kita berpenyelenggara dapat terwujud. Jika yang sudah kami lakukan ada yang kurang maksimal, kedepannya bisa dilakukan lebih baik lagi oleh tim Komisoner yang baru,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Muna, Halisi mengatakan, selama dirinya menjadi bagian dari penyelenggara kurang lebih 16 tahun, tidak pernah terdapat adanya riak-riak. Karena kata dia, pihaknya memiliki prinsip dalam bekerja itu dengan hati. Tidak mengutamakan kuasa atau kewenangan. Begitu juga dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan harus selesai dikerjakan.

“Niat untuk mensukseskan tanggungjawab kita itu besar. Tidak ada pkerjaan yang tidak selesai, sepanjang ada kemauan. Intinya, prinsip kita yang saya tanamkan sama teman-teman sekretariat, bekerja dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Halisi mengaku bersyukur selama bekerjasama dengan Komisioner telah mendapat banyak bantuan dan ilmu yang berkesan. Menurutnya, perpisahan itu sangatlah berat, namun tak bisa dihindari.

“Kepada komisioner lama (masa bakti 2018-2023, red) saya ucapkan terimakasih, karena atas bimbingannya kami terbantukan dan mendapat banyak ilmu tambahan,” tutupnya.

Pada akhir kegiatan, pihak sekretariat bersama para Kasubag memberi cindera mata kepada masing-masing komisioner lama yang diserahkan langsung melalui Sekretaris. Setelah itu, masing-masing pihak saling bersalaman sembari mengucapkan salam perpisahan dengan mata yang berkaca-kaca.

Reporter: Erwino

You cannot copy content of this page