BREAKING NEWSKONAWE

Pj Bupati Harmin Ramba Jadi Rebutan Warga Berswafoto Saat Salurkan Bantuan Terdampak Banjir di Dua Desa Kecamatan Tongauna Utara

919
×

Pj Bupati Harmin Ramba Jadi Rebutan Warga Berswafoto Saat Salurkan Bantuan Terdampak Banjir di Dua Desa Kecamatan Tongauna Utara

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pejabat Bupati Konawe, Harmin Ramba menjadi rebutan berswafoto dengan emak-emak warga terdampak banjir di Desa Nambeaboru dan Desa Borowali, Kecamatan Tongauna Utara, Kabupaten Konawe, Sultra, usai menyalurkan bantuan banjir di dua desa, pada Sabtu, (6/7/2024).

Harmin Ramba saat menyalurkan bantuan bersama rombongan yakni sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe.

Selain menyalurkan bantuan, Harmin juga meninjau langsung fisik tanggul saluran sunggai yang rusak alias jebol.

Kesempatan itu, Desa pertama yang dikunjungi oleh Harmin Ramba bersama rombongan yakni di Desa Nambeaboru Kecamatan Tongauna Utara.

“Saya masi di Jakarta waktu itu, Saya disampaikan dan langsung Saya telepon kepala OPD dan langsung melakukan pergerakan. Dan Alhamndulillah, terimakasih kepada Kepala OPD yang cepat dan tanngap. Kadis PU Waktu itu, Saya langsung perintahkan berkordinasi dengan BWS terkait dengan tanggul,” ujar Harmin saat acara Dialogis bersama masyarakat di lokasi.

Lanjut Harmin, terkait dengan bencana banjir di Desa Nambeaboru, pihaknya juga telah berkordinasi dengan BWS.

“Ini sama yang terjadi di Laloika, adanya luapan air tidak mampu menampung debit air sehingga air melimpah ke luar dan terjadi banjir. Jadi tanggul ini hampir sama di seluruh wilayah kita, tanggul ini harus dinaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mengatasi masalah bencana banjir di wilayah tersebut, ke depan tanggul itu, ada beberapa titik akan dibuat pompanisasi.

“Banjir disini, sama persisi kejadiannya di Desa Laloika Kecamatan Pondidaha. Dan Alhamdulillah sudah ada jalan keluar yakni pompanisasi. Hal itu sekaligus merubah pola kawasan disana dari pertanian menjadi peternakan dan perikanan dalam rangka memberi solusi masalah banjir tahunan,” tuturnya.

Lebih lanjut Harmin mengungkapkan, akibat dari bencana banjir tersebut, pihaknya telah menyediakan dana untuk membantu warga yang terdampak banjir.

“Pagi ini saya bantu beras 10 Kilogram satu rumah tangga. Untuk Desa Nambeaboru 221 KK. Adapun yang tidak dapat Saya bantu bibit padi. Kemudian Saya bantu juga 342 tabung gas Lpg. Ini harapannya untuk meringankan beban masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Nambeaboru menyampaikan terkait kerusakan jembatan yang ada di desanya dan tanggul yang rendah.

” Tanggulnya rendah, harapan Kami tanggul itu bisa dikasi tinggi lagi. Jadi di Desa Nambeaboru ini yang terdampak banjir sekitar 400 Ha, waktu hari Rabu 03 Juli 2024,” ungkapnya.

Setelah selesai kegiatan penyaluran bantuan di Desa Nambeaboru, kemudian Pj. Bupati Konawe, Harmin Ramba bersama rombongan langsung bergegas melanjutkan kegiatannya meninjau tanggul sungai yang jebol di Desa Borowali, Kecamatan Tongauna.

Dalam kunjungannya di Desa Borowali itu, Pj. Bupati Konawe, Harmin Ramba juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba bersama rombongan juga melakukan dialog bersama masyarakat setempat mencari solusi dari peristiwa bencana banjir.

Repoerter : Ronas

You cannot copy content of this page