KONAWENEWS

Pj Bupati Konawe Sebut KLHK Setujui Pembangunan Jalan Latoma-Routa

2632
×

Pj Bupati Konawe Sebut KLHK Setujui Pembangunan Jalan Latoma-Routa

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba menyebut, rencana pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Routa dan Kecamatan Latoma dengan melalui hutan lindung telah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selanjutnya tinggal mengurus izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) di Dinas Kehutanan Provinsi Sultra.

“Dari poin-poin kajian beberapa ruas hutan dan kawasan yang dideliniasi itu bunyinya dapat dilaksanakan. Rencananya, panjang pembangunan jalan yang menghubungkan Routa dan Latoma berjarak sekira 190 kilometer. Tahun ini saya sudah membuat desain.  Insyaallah kita akan lelang dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Harmin menyebut, anggaran jalan tersebut diperkirakan sebesar Rp 900 miliar dan telah masuk dalam rencana BlueprintBadan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas). Ia juga segera berkoordinasi agar melalui APBN 2024 sudah dapat membiayai tahap pertamanya.

“Saya sudah bertemu dengan pihak Kementerian PU, sekarang mereka membantu kita supaya (pembiayaan pembangunan jalan itu) masuk APBN. Masuk dalam Inpres jalan daerah. Rencananya ada Rp 149 miliar dana tahap pertama,” katanya.

Menurutnya, jalan tersebut sudah lama didambakan oleh masyarakat Routa karena selama ini untuk menuju Unaaha, masyarakat di wilayah itu harus melewati Kabupaten Konawe Utara dan melintas sebagian wilayah Sulawesi Selatan.

You cannot copy content of this page