INDONESIANEWS

Pj Gubernur Andap Budhi Revianto Hadiri Puncak Peringatan HAN ke-40 Tahun 2024 Di Papua

685
×

Pj Gubernur Andap Budhi Revianto Hadiri Puncak Peringatan HAN ke-40 Tahun 2024 Di Papua

Sebarkan artikel ini

JAYAPURA, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menghadiri langsung acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun 2024, yang diselenggarakan di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura Papua, Selasa, 23 Juli 2024.

Peringatan HAN tahun 2024 ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Dimana peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak- hak anak dan tanggung jawab untuk melindungi mereka.

Pj. Gubernur Papua, dalam sambutannya menyampaikan bahwa HAN merupakan momentum penting untuk mengingatkan seluruh pihak akan tanggung jawab dalam melindungi dan meningkatkan kesadaran anak- anak Indonesia.

Selanjutnya, Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Tri Tito Karnavian mengatakan, pentingnya perlindungan dan pendidikan anak- anak sebagai fondasi kemajuan bangsa.

Pada acara ini juga disampaikan berbagai aspirasi dan harapan anak Indonesia untuk masa depan yang lebih baik oleh 38 perwakilan Forum Anak Indonesia. Dimana momen ini memberikan kesempatan bagi anak- anak untuk berpartisipasi aktif dan menyampaikan pandangan mereka secara langsung.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan, anak- anak juga dilaksanakan pemberian beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang menjadi bagian dari rangkaian acara ini. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu anak- anak yang berprestasi untuk terus mengembangkan potensi mereka.

Kegiatan ini, puncak acara dimeriahkan dengan tarian kolosal “Tari Pergaulan” Papua yang menunjukkan kekayaan budaya dan semangat kebersamaan masyarakat Papua.

Pada acara ini, Presiden Jokowi tidak berpidato seperti kegiatan kenegaraan lainnya.

“Ini harinya Anak- anak untuk bermain dan bersenang- senang,” tuturnya.

“Penting untuk kita persiapkan Anak- anak Indonesia menjadi generasi penerus yang cerdas, berwawasan luas, dan berkarakter kuat,” terang Presiden Jokowi

Sementara itu, Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menyampaikan apresiasi terhadap acara yang penuh makna ini.

“Pertama- tama, saya ingin mengucapkan selamat Hari Anak Nasional ke-40 kepada seluruh anak- anak Indonesia. Melalui tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, mari kita rayakan HAN dengan berbagai kegiatan positif, kreatif, bermakna, dan partisipatif dari Anak untuk Anak,” ungkapnya.

“Dan semoga peringatan HAN dapat memperkuat komitmen kita bersama untuk terus memberikan perlindungan dan memastikan pemenuhan hak Anak- anak Indonesia dalam menghadapi berbagai persoalan yang terus berkembang di tengah masyarakat,” tambah Andap.

Sebagai informasi, pemilihan Papua sebagai lokasi puncak acara didasari pada nilai edukatif yang tinggi serta secara historis Papua sebagai tempat pertama kali peringatan Hari Anak Nasional pada tahun 1984, bersamaan dengan dimulainya program wajib belajar 6 tahun di Indonesia.

Acara peringatan puncak HAN tahun 2024 ini, turut dihadiri Ketua Pj. TP PKK Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio, serta anak- anak berprestasi perwakilan dari Provinsi Sultra, Nabiel Musyarraf dan Anugrah Nur Isnain.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page