BUDAYAKULINERPELUANG BISNISSULTRA

Pj Gubernur Sebut HUT Sultra ke-60 Ingin Mengangkat Kuliner Kearifan Lokal

847
×

Pj Gubernur Sebut HUT Sultra ke-60 Ingin Mengangkat Kuliner Kearifan Lokal

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Sejumlah perayaan mewarnai hiruk pikuk perayaan hari ulang tahun (HUT) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ke-60 di tahun 2024 salah satunya adalah mengangkat sajian kuliner kearifan lokal di daerah itu.

Setiap daerah 17 kabupaten/kota memperkenalkan iuliner Khas daerahnya masing-masing pada Lomba Kuliner Khas Daerah yang dilaksanakan di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Jum’at 26 April 2024 yang langsung dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Andap mengunjungi setiap meja hidangan yang ditempati oleh Bupati/Wali Kota dan Ibu, Sekda dan Ibu serta Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan Ibu.

Andap selalu menanyakan nama kuliner, bahan-bahan olahan serta proses pembuatannya didampingi Ibunda tercinta bersama Sekda dan Pj Ketua PKK Provinsi Sultra mulai dari Kabupaten Buton, Kolaka, Kota Kendari, Kabupaten Kobawe, Koltim, Muna Barat, Buton Selatan dan daerah lainnya.

Andap menyampaikan bahwa HUT ke-60 Sultra pihaknya melaksanakan lomba kuliner yang berbahan lokal.

“Jadi kita mengangkat kearifan lokal  Untuk itu, kita akan mempromosikan semua ini sehingga ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Pada akhirnya pengelolaan pangan lokal bagi penguatan ekonomi, disamping itu juga didalam dinamika dan konteks sehari-hari. Jadi tadi saya sudah sampaikan kepada ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan sekaligus Ibu Pj Ketua PKK Sultra bagaimana ini dapat meminimalisir angka stunting banyak makan-makanan laut yang sungguh luar biasa. Jangan sampai nanti banyak kekayaan sumber daya yang ada disini tetapi angka stunting kita tinggi, mohon dukungan, kritiknya dan kerjasamanya,” ungkapnya.

Lomba ini berlangsung setelah proses upacara peringatan HUT Sultra selesai dilaksanakan, sehingga suasana meriah di lokasi lomba penuh sesak oleh berbagai pengunjung dan para pejabat terkait.

Masing-masing daerah menampilkan kuliner khas untuk disertakan pada lomba ini, berharap kuliner mereka bisa mendapatkan juara. Selain itu, kuliner khas yang disajikan benar-benar yang dapat mengugah selera bahkan hanya dengan melihatnya.

You cannot copy content of this page