NEWSPemerintahanPROV SULTRAWISATA

Pj Gubernur Sultra Apresiasi Duta Wisata 2023

675
×

Pj Gubernur Sultra Apresiasi Duta Wisata 2023

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Sultra, La Ode Butolo mengapresiasi pemilihan duta wisata tingkat nasional yang dimenangkan Provinsi Kalimantan Tengah dimalam puncak, Senin 27 November 2023.

“Terimakasih kepada asosiasi duta wisata Indonesia dan yayasan duta wisata Indonesia yang telah mempercayakan penyelenggaraan PDWI 2023 yang bertempat di Kota Kendari Provinsi Sultra,” kata Andap melalui La Ode Butolo.

Kepada perwakilan duta wisata dari Provinsi lain se-Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, untuk bisa menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman, saling berbagi cerita dan kegembiraan untuk membangun sektor kepariwisataan.

Oleh karna itu, ada tiga hal yang menjadi pedoman dalam pembangunan kepariwisataan yakni Pertama kepariwisataan harus diorientasikan pada pertumbuhan ekonomi, Kedua penciptaan lapangan kerja dan Ketiga memahami kebutuhan masyarakat.

“Agenda kepariwisataan harus adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan Pariwisata adalah industri yang sangat dinamis,” jelasnya.

Pembina asosiasi wisata Indonesia, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menyambut baik atas kebaikan dari Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah bersama-sama saling bahu-membahu, gotong royong untuk menyambut 10 duta wisata terbaik yang ada diseluruh Indonesia yang pada hari ini akan merebutkan gelar sebagai duta wisata Indonesia 2023.

Selain bertujuan mendorong terjadinya pergerakan wisata Nusantara, pemilihan duta wisata Indonesia sebagai peningkatan kualitas sumber daya manusia, Mengkader anak-anak muda sebagai duta wisata yang memiliki pemahaman kepariwisataan yang mumpuni/kompetensi.

Selanjutnya masing-masing peserta melakukan presentasi pakaian adat yang digunakan masing-masing duta wisata Indonesia.

Kemudian finalis 5 besar duta wisata Indonesia 2023 masuk ke babak tanya jawab yang selanjutnya langsung memperebutkan juara.

Adapun yang berhasil masuk 5 besar dalam duta wisata Indonesia yakni Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara dan Aceh.

Setelah diumumkan,  juara 1 diberikan kepada Provinsi Kalimantan Tengah dan  Wakil 1 atau runner-up Provinsi Aceh serta Wakil 2 Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI, Pembina asosiasi wisata Indonesia, Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Indonesia, Ketua Yayasan Duta Wisata Indonesia, Dewa Juri, Duta Wisata tahun 2022, Perwakilan Forkopimda Sultra, Pimpinan OPD se-Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sultra, para peserta duta Indonesia 2023 dan pejabat terkait.

Pemberian apresiasi dari asosiasi duta wisata Indonesia, akan diberikan penghargaan kepada mereka yang telah berkomitmen dalam mendukung seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan Duta Wisata yaitu Kalimantan Timur, Balik Papan, ADWINDO Kalimantan Timur, ADWINDO Sulawesi Barat, ADWINDO Sulawesi Tengah serta pemberian penghargaan oleh Ketua Umum Asosiasi Duta Wisata Indonesia.

You cannot copy content of this page