SULTRA

Pj Gubernur Sultra Menawarkan Sejumlah Hal untuk Kerjasama dengan Australia

424
×

Pj Gubernur Sultra Menawarkan Sejumlah Hal untuk Kerjasama dengan Australia

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menawarkan sejumlah hal untuk menjalin kerjasama dengan negara Australia.

Tawaran tersebut disampaikan Andap saat menerima audiensi Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Todd Dias beserta rombongan, bertempat di Ruang Rapat Gubernur Sultra, Selasa 27 Februari 2024.

Andap menyebut, Sultra memiliki enam sektor potensi unggulannya yakni pertambangan, pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan serta pariwisata.

“Pada tahun 2024 ini kami telah melakukan tiga kali ekspor berbagai komoditas masing-masing kakao fermentasi, biji pinang, serta terakhir tuna dan kepiting ke Amerika Serikat dan Filipina,” kata Andap.

Selain itu, Andap mengungkapkan Sultra juga mempunyai potensi pariwisata yang tidak kalah unggul seperti taman nasional dan biota laut Wakatobi, Pantai Toronipa, Pulau Labengki, Pulau Bokori, Benteng Keraton Buton dan lainnya.

“Dari sektor pariwisata ini, Sultra berhasil meraih Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia tahun 2023 oleh Kemenkomarves RI. Jadi dapat dikatakan sektor pariwisata kami telah diakui oleh turis lokal maupun mancanegara,” ungkapnya.

Andap juga menawarkan peluang kerjasama lainnya seperti penguatan sistem vokasi (SMK) dan Politeknik Perguruan Tinggi, lalu dari sektor perdagangan komoditas dari Sultra yang memiliki peluang pasar di Australia.

Ia menambahkan saat ini Sultra sedang berupaya menghadirkan RS Jantung dengan standart yang tinggi. Dirinya berharap memperoleh kerjasama berupa dukungan sarana prasarana termasuk peningkatan kualitas tenaga kesehatan di RS tersebut.

“Dengan audiensi ini, saya harapkan Saudara Konjen dapat berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia di Sultra. Sebut saja melalui pendidikan vokasi termasuk juga kesempatan melanjutkan pendidikan di Australia dengan beasiswa dan peluang – peluang lainnya,” kata Andap.

Sementara itu, Todd Dias mengaku sangat tertarik dengan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki Provinsi Sultra.

“Saya kagum dengan sumber daya yang ada di Sultra. Selain alamnya yang indah, ternyata SDM-nya juga memiliki keinginan tinggi untuk mengembangkan potensi dirinya. Saya harap bisa memfasilitasi pendapat anda, bapak Gubernur,” katanya.

You cannot copy content of this page