PROV SULTRA

Pj Gubernur Sultra Mengikuti Rakorgub 2024 Bersama Kepala Bappenas RI

772
×

Pj Gubernur Sultra Mengikuti Rakorgub 2024 Bersama Kepala Bappenas RI

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto mengikuti Rapat Koordinasi Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan Gubernur seluruh Indonesia (RAKORGUB) bertempat di Jakarta, Selasa 02 April 2024.

Kegiatan ini menekankan pada kemajuan dan tantangan pembangunan daerah serta solusi strategis pembangunan dalam koridor penuntasan masalah mendasar seperti kemiskinan, stunting, pelayanan, serta infrastruktur dasar.

“Rarkorgub hari ini merupakan suatu momentum bagi para Gubernur/Pj Gubernur untuk bertukar pikiran dan memberikan saran kepada Pemerintah Pusat terkait isu dan permasalahan di daerahnya,” kata Menteri PPN / Ka Bappenas Suharso Monoarfa saat berikan arahan pembuka.

Suharso mengungkapkan, bahwa dari 2 (dua) tahun pertemuan dengan para Kepala Daerah, terdapat 2 hal yang menjadi permasalahan dasar yakni pembangunan infrastruktur keras (_hard infrastructure_) dan infrastruktur halus (_soft infrastructure_).

“Infrastruktur keras yakni pelayanan dasar meliputi pembangunan jalan dan pengadaan air bersih. Adapun realisasi pembangunan jalan Nasional telah 100%, jalan Provinsi 75%, dan jalan Kab/Kota sebesar 65%. Kami juga telah terbitkan Inpres tentang jalan, dari Inpres tersebut dianggarkan 32 triliun rupiah pada tahun 2023 yang realisasi anggaranya akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024. Kami juga akan terbitkan Inpres tentang air untuk pengadaan sumber pengolahan air bersih, lalu Inpres tentang gas kota yang masih dalam tahap pembahasan,” katanya.

Selanjutnya, Suharso Monoarfa menyampaikan berkaitan dengan infrastruktur halus yakni kesehatan dan pendidikan. Ia memaparkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua penyakit TBC di dunia, lalu kasus stunting yang dialami anak-anak di Indonesia.

“Kasus stunting masih banyak dialami oleh anak-anak kita, hal ini karena belum terpenuhinya nutrisi dari mulai proses pra kehamilan hingga pasca persalinan. Dalam cakupan sebagai Gubernur/Pj Gubernur, ini merupakan _best practice_ untuk menangani stunting dengan pendekatan sensitif dan spesifik. Bappenas juga berencana untuk menjadikan guru sebagai profesi nasional seperti anggota Polri. Hal ini bertujuan untuk pemerataan guru dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan perwakilan Gubernur/Pj Gubernur mengenai masalah di wilayahnya masing-masing berkaitan dengan _hard / soft infrastructure_ sekaligus diskusi mencari solusinya.

You cannot copy content of this page