NEWSSULTRA

Pj Gubernur Sultra Paparkan Pemberantasan Korupsi Model 4-Co Saat Peringatan Hakordia 2023

723
×

Pj Gubernur Sultra Paparkan Pemberantasan Korupsi Model 4-Co Saat Peringatan Hakordia 2023

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto memaparkan langkah – langkah dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan pendekatan model 4-Co saat membuka seminar memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia (Hakordia) tahun 2023 pada Kamis 14 Desember 2023 secara virtual.

Andap menjelaskan pendekatan model 4-Co itu yakni pertama melalui langkah compliance role yaitu memberikan pemahaman dan mendorong kesadaran bersama dan juga mengajak peran serta masyarakat bersinergi untuk pencegahan korupsi. Kedua, consultative role untuk meningkatkan sistem kerja dalam mencegah adanya pelanggaran.

Ketiga, lanjut Andap, coordination role yakni dengan meningkatkan kerja sama bersama APH dan instansi terkait dalam upaya penanganan termasuk penyelesaian pengaduan masyarakat.

“Dan terakhir, apabila seluruh rangkaian sudah tidak berdaya lagi, lakukan langkah-langkah penegakan hukum yakni corrective role,” tegas Andap.

Andap menerangkan adagium dari Lord Acton yakni power tends to corrupt and absolute power corrupt absolutely yang maknany kekuasaan itu cenderung korup dan kekuasaan yang absolut cenderung korup secara absolut.

Menurutnya, korupsi dan kekuasaan ibarat dua sisi dari satu mata uang. Korupsi akan selalu mengiringi perjalanan kekuasaan dan sebaliknya kekuasaan merupakan pintu masuk bagi tindakan korupsi.

Andap mencontohkan bahwa dalam rangka transparansi dan juga akuntabilitas serta langkah percepatan menyikapi laporan atau pengaduan masyarakat, ia merubah sistem pertemuan dengan masyarakat yang hadir dengan didampingi para Kepala Perangkat Daerah (PD) di lobby kantor Gubernur.

“Setiap Senin setelah apel pagi, saya selalu mengumpulkan para Kepala PD dan masyarakat yang ingin beraudiensi di lobby kantor Gubernur. Hal ini saya lakukan untuk percepatan penyelesaian keluhan masyarakat (dapat langsung diteruskan kepada para Kepala PD) serta meminimalisir dugaan kepentingan apabila bertemu secara tertutup,” pungkasnya.

Andap menambahkan dirinya mengapresiasi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra, Patris Yusrian Jaya yang telah menggagas seminar dalam rangka peringatan Hakordia tahun 2023.

“Terima kasih Pak Kajati dan seluruh jajaran yang telah menggagas seminar ini, semoga kita dapat terus bergandengan tangan untuk membangun Indonesia tanpa korupsi, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai ini,” tutupnya.(red)

You cannot copy content of this page