NEWSSULTRA

Pj Gubernur Sultra Rilis Prakiraan Musim Kemarau

846
×

Pj Gubernur Sultra Rilis Prakiraan Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto membuka secara resmi pers rilis prakiraan musim kemarau di daerah secara virtual yang diinisiasi Stasiun Klimatologi Sultra, Jumat 22 Maret 2024.

Kegiatan tersebut dalam rangka menginformasikan kepada masyarakat mengenai prakiraan awal musim kemarau.

“Saya menghimbau dan perlu tegaskan seluruh jajaran Pemerintah Daerah, baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota untuk siapkan langkah konkret dalam memitigasi daerah yang rawan potensi bencana hidrometeorologi khususnya bencana kekeringan di tahun 2024,” ungkap Andap.

Ia berharap seluruh unsur pentahelix agar berupaya optimal dalam melakukan langkah mitigasi baik upaya pembinaan, pencegahan terhadap potensi bencana dan upaya penanggulangan bencana yang terjadi melalui sinergisitas dan kolaborasi. “Keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi bidang Klimatologi, Ardhasena Sopaheluwakan mengungkapkan informasi ini merupakan hasil dari rapat nasional yang dilakukan oleh BMKG Pusat. Ia menyampaikan ucapan terima kasih dari pimpinan BMKG untuk Pj Gubernur Sultra.

Menurutnya, dampak perubahan iklim semakin mengkhawatirkan dan mengancam Indonesia. Dari catatan BMKG tahun 2023, temperatur suhu alami peningkatan bahkan sampai memecahkan rekor baru.

“Hal ini harus disikapi bersama, karena dampak perubahan iklim semakin nyata, ditambah fenomena elnino, pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, yang menjadi salah satu penyebabnya. Kami juga berharap, informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan langkah-langkah kesiapan menghadapi musim kemarau yang berpotensi lebih ekstrem di tahun 2024,” katanya.

Kepala Stasiun Klimatologi, Aris Yunatas menambahkan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Sultra karena telah didukung penuh dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

You cannot copy content of this page