NEWSPemerintahanPROV SULTRA

Pj Gubernur Sultra Sampaikan Arahan Presiden dan Mendagri di Apel Gabungan

2313
×

Pj Gubernur Sultra Sampaikan Arahan Presiden dan Mendagri di Apel Gabungan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto memimpin apel gabungan lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra  di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 18 Desember 2023.

Dalam kesempatan itu, Anda menyampaikan beberapa hal mulai dari arahan Presiden RI, Joko Widodo dan enam arahan Mendagri RI yaitu menjaga stabilitas harga pangan dan jasa secara nasional, pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting agar tepat sasaran, fasilitas pelaksanaan pemilu dan pilkada, dukungan pelaksanaan proyek strategi nasional dan percepatan realisasi target pendapatan dan belanja APBD

“Dalam apel gabungan pagi ini saya sampaikan kembali, sebagai pertanggungan jawaban saya kepada rekan-rekan secara keseluruhan khususnya kepada para masyarakat di seluruh Sulawesi Tenggara sehingga  ada tiga aspek yang dinilai yaitu pertama aspek Pemerintahan dengan 6 indikator. Yang kedua, aspek pembangunan ada 6 indikator dan ketiga aspek kemasyarakatan dengan empat indikator. Jadi secara keseluruhan 3 aspek dan 16 indikator,” ungkap Andap.

Andap menguraikan dari pelaksanaan tugas selama triwulan pertama tahun 2023 terdapat lima catatan yaitu aspek pemerintahan melaksanakan urusan pemerintahan wewenang daerah, kita tahu daerah kita kaya dengan sumber daya alamnya tetapi ada yang merupakan kewenangan kita karena berbicara perizinan itu berada di pusat tetapi berbicara mengenai pajak permukaan air itu adalah tanggung jawab kita.

Mmenyangkut masalah RT/RW kemarin kita sudah selesaikan untuk draft rancangan tata ruang di tempat kita tetapi masih ada satu catatan yaitu menyangkut pulau kawi-kawula kita berebutan dengan Sulawesi Selatan. Pedoman penyusunan APBD tahun 2024 Permendagri nomor 15 tahun 2023 yang selesai pada tanggal 14 Oktober artinya kemarin Oktober November itu masih kita membahas anggaran. Pada aspek pembangunan dengan indikator penerapan pemerintahan yang baik dan bersih tapi ada salah satu kepala daerah kita yang diamankan oleh aparat penegak hukum ini menjadi pemaknaan dan pembelajaran kita semua bahwa segala sesuatunya kita dicatat sehingga mari saling mengingatkan dalam kebaikan.

Bencana tanggap darurat ini merupakan aspek kemasyarakatan pada indikator kebijakan mitigasi penanggulangan bencana PMK longsor, banjir dan kebakaran kemarin saya sudah tetapkan untuk status bencana artinya kita bisa menggelontorkan dengan anggaran.

“Karena di luar sana banyak saudara-saudara kita yang prihatin dan menghadapi kekeringan ditempat lain yang di luar kota Kendari,” ujarnya.

“Ketika saya bekerja referensi mencari dasar apa yang harus kita kerjakan sehingga presiden mengarahkan 8 hal tersebut: pertama kendalikan inflasi, pantau langsung harga di lapangan. hati-hati mengatur tarik baik PDAM angkutan umum, kedua turunkan kemiskinan, ketiga turunkan stunting, keempat perhatikan investasi, jangan ada izin yang berbulan-bulan,” katanya.

Lebih lanjut, Andap mengatakan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri, belajar di Kementerian Hukum dan HAM kebetulan di dalam pengelolaan indeks pengelolaan penggunaan produk dalam negeri itu peringkat satu

berikutnya Kabupaten/Kota harus mulai mendesain kotanya dengan baik sehingga memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah jadi setiap daerah harus ada kekhususan kemarin kalau kita melihat kunjungan bapak presiden ke suatu tempat beliau mengatakan pembangunan satu daerah ini disesuaikan dengan partai politik.

Lanjut, ketujuh jaga stabilitas politik dan keamanan menuju pada pemilu 2024 dan pemilihan 2024, berbicara pemilu nanti sebentar lagi tanggal 14 Februari kita akan melaksanakan  pemungutan suara. Kedelapan, jamin kebebasan beragama, jangan sampai konstitusional kalah oleh kesepakatan mari kita laksanakan amanah dari pembukaan undang-undang dasar negara republik Indonesia khususnya pada alinea ke-4.

“Saya juga mengapresiasi capaian keberhasilan diraih yaitu tanggal 17 Oktober 2023 juara 3 pemanfaatan mail multi domain tingkat Pemprov. yang disampaikan oleh Kominfo, pada tanggal 7 November 2023 kita sudah mampu mengkonsolidasikan pengadaan aspal Buton, pada saat itu saya menandatanganinya di Muna Barat tidak pernah dikasih masuk di e-katalog, pada 21 November peringkat ketiga anugerah legistrasi tahun 2023 kategori pemerintah daerah provinsi yang disampaikan oleh Kementerian Hukum dan HAM,” katanya.

Lanjut, kemudian tanggal 25 November di dalam rangka pengendalian inflasi kita melakukan penanaman holtikultura sebanyak 2,7 juta, secara serentak oleh pelajar SMA/ SMK yang dipusatkan di Konawe dan ini dapat rekor muri, 1 Desember 2023 peringkat ketiga pembina produktivitas tenaga kerja kategori kecil dari Kementerian Ketenagakerjaan, tanggal 11 Desember kita terbaik pertama kategori wilayah pusat pertumbuhan industri dari Kementerian Perindustrian, dan terakhir 15 Desember kita Provinsi terbaik bangga berwisata di Indonesia tingkat  nasional dari Kemenko Marves kita mendapat 3 piala secara nasional.

Selain itu, penyampaian cuti Natal dan tahun baru ada Keputusan Presiden (Keppres) nomor 8 tahun 2023 atas perubahan tentang cuti bersama ASN tahun 2023 ada SKB 3 Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri PANRB tentang hari libur dan cuti bersama tahun 2024

“Sebelum akhir tahun anggaran 2023, nanti Sekda dan Perangkat Daerah  nanti kita akan sampaikan kekurangan kita dan meminta maaf kepada masyarakat dengan komitmen lebih baik lagi, susun resolusi atau proses internalisasi dan mari kita satukan hati dan pikiran kita teguhkan komitmen kita 2024, dan mari kita perbaiki kita harus lebih baik lagi sebelumnya bagi rekan-rekan yang merayakan saya sampaikan selamat hari Natal 2023 dan untuk rekan-rekan secara keseluruhan selamat tahun baru, semoga segala sesuatunya akan baik, sehat, produktif, lebih aman, kondusif dan di cek harga di pasar-pasar.,” tutupnya.(red)

You cannot copy content of this page