ADVKONAWESULTRA

Pj TP PKK Prov Sultra lantik PKK Konawe, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Ucapkan Terima Kasih untuk Titin Nurbaya KSK

1213
×

Pj TP PKK Prov Sultra lantik PKK Konawe, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Ucapkan Terima Kasih untuk Titin Nurbaya KSK

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pejabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Wa Ode Munanah resmi melantik Pj Ketua PKK Kabupaten Konawe, Trinop Tijasari Harmin di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Kamis 12 Oktober 2023.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengungkapkan dirinya berterima kasih kepada Titin Nurbaya Kery Saiful Konggoasa (KSK) selaku ketua PKK Konawe sebelumnya atas sumbangsih kesediaan dan pengabdian untuk PKK Konawe dengan penuh amanah dan tanggungjawab.

“PKK sangatlah berperan penting dalam kebutuhan ekonomi keluarga, sehingga PKK merupakan suatu gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai pengeraknya dan tujuan utama adalah gerakan adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin, keluarga harus di upayakan menjadi sejahtera karena keluarga unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Konawe dan Indonesia yang sejahterah,” ungkap Harmin Ramba.

Ia mengakui yang menjadi tantangan adalah membudayakan PKK sesuai dengan eksitensinya dalam 10 program yang strategis, sehingga apabila 10 program tersebut sudah membudaya maka PKK menjadi pilar yang kokoh tidak hanya berfokus saja kesejahteraan. Namun PKK juga dapat menekankan laju pertumbuhan penduduk KB melalui program pengembangan berkoperasi, PKK juga dapat mengembangkan dasar demokrasi ekonomi, mengenalkan strategis pengembangan usaha dan meningkatkan taraf hidup dalam pembinaan UP2K PKK.

“Saya berharap TP. PKK yang baru saja dilantik untuk dapat melanjutkan tugas visi dan misi gerakan PKK, serta melaksanakan 10 program PKK sehingga focus pada program-program PKK yang telah ditetapkan dan organisasi. Sehingga stressing juga penting bagi ibu PKK yang flexing-flexing sehingga saya berharap jangan terjadi kepada kita semua karna ini akan mempengaruhi kehidupan sosial kita, disisi lain kita ingin membangun konawe dari keluarga kita, apalagi kita menghadapi kemiskinan ekstrem dan adanya stunting. Saya ingatkan kepada kita semua jangan sedikit main flexing ini menjadi perhatian kita semua dan mudah-mudahan ibu yang baru dilantik saya kira tidak seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Wa Ode Munanah juga memberi selamat Pj Bupati Harmin Ramba. Ia berharap dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Setelah dilantik Pj PKK Konawe telah mempunyai tugas besar yang harus dilaksanakan untuk merealisasi program kerja dan serta diharapkan dapat memperkuat fungsi kelembangaan Tim Penggerak PKK secara berjenjang agar pengurusnya dapat mengembang tugas degan baik serta dapat meningkatkan kinerja organisasi yang dipimpin.

Kedepannya diharapkan, 10 program PKK dapat dijabarkan lebih tajam dan dalam rangka optimalisasi peran serta pendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan norma keluarga sejahteraan dan sehat lahir batin. Dan tidak diragukan lagi tadi kita sudah mendengarkan bersama, apa yang telah disampaikan  Pj Bupati Konawe bisa kita menangkap bahwa beliau betul-betul menetapkan organisasi kita ini sebagai patner dalam menjalankan tugas dalam mewujudkan pembangunan Konawe khususnya Sultra.

“Saya percaya yang telah disampaikan bapak tadi, dengan bimbingan beliau PKK Konawe akan bisa bersinergi di Pemerintah dan tadi kita sudah mendengarkan pesan beliau bahwa kita harus pintar-pintar menempatkan diri seperti misalkan sebagai pendamping suami kita harus memanfaatkan dengan baik dan betul-betul mendampingi suami agar bisa sukses menjalankan tugasnya di daerah yang dipimpin yang paling utama adalah menjaga sikap dan perbuatan tadi sudah disingguh masalah stunting dan kemiskinan ekstrim untuk mensejahterakan masyarakat, marilah kita melihat hal yang perlu kita ekspos dan akan menjadi landasan kita untuk bergerak terutama ibu PKK Konawe, kami ucapkan terima kasih agar pak Pj Bupati bisa mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Tim Pengerak PKK sehingga tugas yang kami lakukan dengan baik,” ungkapnya.

Munanah menambahkan dengan adanya program prioritas, PKK harus memiliki kemampuan untuk menghimpun dalam rangka potensi masyarakat dan keluarga. Selain itu, memiliki kemampuan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan tugas pada Ketua Pembina setempat kepada Tim Penggerak PKK Provinsi. Hal ini sangat perlu disampaikan dalam laporan atau kegiatan yang sudah dilakukan yang akan menjadi bahan evaluasi PKK Sultra.

“Terutama bapak Pembina harus dilaporkan. Jadi Pj Bupati selalu mengevaluasi atau memantau. Saya minta PKK, Dharmawati dan Dekranasda  bisa berkolaborasi dan bisa bekerja sama  terutama untuk melaksanakan evaluasi Kabupaten karna itu akan menjadi program utama kita selama ini kita di Dharmawati sudah melakukan evaluasi untuk mengunjungi semua 17 Kabupaten/Kota,” tutupnya. (red)

You cannot copy content of this page