KONAWENASIONALNEWS

Potensi Besar, Pj Bupati Konawe Mulai Susun RDTR Kecamatan Routa

512
×

Potensi Besar, Pj Bupati Konawe Mulai Susun RDTR Kecamatan Routa

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba mulai menyusun rencana detail tata ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Kecamatan Routa Kabupaten Konawe secara langsung bersama Kementerian Agraria dan  Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Selasa 30 Januari 2024.

Harmin menilai Kecamatan Routa memiliki potensi yang sangat besar mulai dari sumber daya alam, keberagaman budaya, maupun potensi manusia sehingga mengoptimalkan potensi kecamatan Routa bukan sebuah keharusan, tetapi tanggung jawab bersama.

“Inilah saatnya kita bersatu, bahu membahu untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Menurutnya, beberapa hal di Kecamatan Routa yang mesti dioptimalkan diantaranya sektor pertanian/perkebunan, pariwisata hingga sektor industri kecil dan menengah, perluasan akses infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pemberdayaan masyarakat lokal. Untuk itu, pihaknya akan terus mendukung dan mendorong inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Kecamatan Routa.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, baik swasta maupun lembaga pemerintah lainnya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi kecamatan ini,” tuturnya.

Ia menilai pengembangan potensi kecamatan Routa juga harus diimbangi dengan upaya pelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

Ia berharap nelalui implementasi RDTR Kecamatan Routa dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, memberikan manfaat maksimal bagi masyarakatnya dan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam pembangunan yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen dan berkontribusi aktif dalam upaya pengoptimalan potensi kecamatan Routa ini.

“Melalui sinergi dan kerjasama yang baik, saya yakin kita dapat mencapai hasil yang optimal dan memberikan dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Konawe secara keseluruhan,” katanya.

Ia menambahkan dirinya mengapresiasi antusias dari tim penyusun RDTR dan tim teknis Kementerian ATR/BPN yang telah bekerja dengan baik saat proses RDTR Kecamatan Routa.

You cannot copy content of this page