Presiden Jokowi Rencana Kunjungi Lagi Sultra Minggu Depan

NEWS427 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Presiden RI, Jokowi direncanakan akan hadir ke Sultra pekan depan dalam acara Peringatan Hari Nusantara (HN) tahun 2022 dipusatkan di Kabupaten Wakatobi pada 13 Desember 2022 mendatang.

Kehadiran Presiden ini bakalan menjadi kunjungan ke-8 Jokowi di Sultra selama menjabat sebagai Presiden RI dua periode.

“Jadi di agendakan pak Presiden akan hadir di Wakatobi pada acara puncak Hari Nusantara tanggal 13 Desember 2022 nanti,” jelas Penjabat (PJ) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio saat diwawancarai di Kendari, Rabu (07/12/22).

Kata Asrun Lio, selain hadir dalam acara HN 2022 juga akan diagendakan dengan peresmian proyek strategis miliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

“Selain kunjungan nanti, Pak Gubernur akan sampaikan ke Pak Presiden tentang kesiapan peresmian beberapa proyek strategis di Sultra antara lain jalan wisata Kendari-Toronipa, Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo dan juga Perpustakaan Internasional,” bebernya.

Ia berharap dalam kunjungan ke-8 Presiden Republik Indonesia bisa sukses baik acara Hari Nusantara maupun peresmian pembangunan proyek strategis tersebut.

Adapun rincian kehadiran Jokowi sebagai berikut, kunjungan pertama pada 6 November 2014 lalu, dalam rangka membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-12 Ikatan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama). Di sela kunjungan singkat selama 5 jam itu, Presiden Jokowi menyempatkan diri meninjau Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, yang diresmikan Presiden Soeharto pada 10 September 1990.

Kunjungan kedua pada 2 Maret 2019 di Kota Kendari. Kunjungan ini dilakukan di tengah masa kampanye pemilihan presiden (pilpres). Dalam kesempatan ini Jokowi mengikuti kegiatan jalan santai dan membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Kunjungan ketiga terjadi pada 22 Oktober 2020, dalam rangka meresmikan Jembatan Teluk Kendari dan pabrik gula di Kabupaten Bombana.
Kali keempat pada 30 Juni 2021, Jokowi datang membuka Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta memantau secara virtual kegiatan vaksinasi serentak di 17 kabupaten/kota di Sultra.

Kunjungan kelima pada 27 Desember 2021, meresmikan pabrik smelter PT Gunbuster Nikel Industry (GNI) di Kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), di Kabupaten Konawe. Sekaligus meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Sementara kunjungan keenam pada Kamis 9 Juni 2022 lalu yakni membuka penyelenggaraan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 Wakatobi. Pada kesempatan itu, presiden menggunakan motor listrik menuju ke lokasi pembagian sertifikat tanah secara door to door di kampung bajo mola.

Selanjutnya, presiden meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan yakni Tomia, Kaledupa, Binongko dan pengoperasian kapal feri antar pulau di pelabuhan rakyat wanci. Presiden juga melanjutkan aksi konservasi dengan pelepasan 112 ekor tukik di pantai patuno.

Kunjungan ketujuh pada Senin 26 September 2022 lalu memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan selanjutnya mengunjungi pabrik aspal di Kabupaten Buton, Selasa (27/09/22).

Reporter : Rahmat R.