PUPR Kota Kendari Optimis Tiga Proyek Dana PEN Rampung Awal Tahun

NEWS591 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari optimis tiga proyek yang menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) rampung awal tahun 2023.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido mengatakan, pihaknya optimis proyek Rumah Sakit Tipe D, Puskesmas Kandai, dan Jalan Inner Ring Road akan difungsikan dan dapat dinikmati masyarakat.

“Artinya dibulan 12 ini, pekerjaan ini terus digenjot, kita tambah sumber daya yang ada sehingga kita berharap ditahun 2023 proyek ini sudah dapat difungsikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkap Aswido di ruang kerjanya, Rabu, (21/12/22).

Menurutnya, progres masing-masing proyek tersebut telah mencapai diatas 60 persen. Bahkan, untuk jalan Inner Ring Road telah mencapai 70 persen.

Ia juga menyebut, kendala yang dihadapi dalam pengerjaan proyek ini diantaranya adalah proses tender proyek yang berulang untuk Puskesmas dan Rumah Sakit.

Selain itu, pengadaan material proyek yang kebanyakan diambil dari Pulau Jawa juga turut menjadi kendala yang dihadapi.

“Jika kontraktor mengajukan permohonan perpanjangan waktu, maka akan diberikan jika memenuhi persyaratan. Perpanjangan waktunya itu 50 hari dan kalau lewat dari itu akan dikenakan denda,” kata Aswido.

Meski demikian, dirinya berharap proyek tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Awal tahun proyek sudah selesai dan dirasakan manfaatnya,” tegasnya.

Reporter: Dila Aidzin