oleh

Rapat Perdana, TGUPP Sultra Susun RKA

Reporter : Rahmat R.
Editor : Ardilan

KENDARI – Tim gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulawesi Tenggara (Sultra) langsung menggelar rapat perdana membahas rencana kerja awal (RKA), Jum’at 10 Juli 2020 usai dilantik beberapa hari sebelumnya.

“Saat ini kita susun RKA di anggaran APDB Perubahan 2020, termasuk dukungan sekretariat tentang tugas dan fungsi serta mekanisme kerja TGUPP kedepannya,” kata Ketua TGUPP Sultra, Hj. Sulastri kepada sejumlah wartawan usai rapat.

Ia mengungkapkan rapat itu seharusnya dilaksanakan Kamis 9 Juli 2020 kemarin. Namun karena bertepatan dengan agenda Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pihaknya baru dapat menggelar rapat tersebut Jum’at.

“Pak Mendagri datang, jadi tertunda dan baru kita laksanakan hari ini (Jum’at). Kebetulan juga TGUPP di sekretariat Kantor Gubernur ini eks officialnya kita ini di Biro Pembangunan,” ujarnya.

Ia mengaku semua program TGUPP bakal berjalan beriringan dengan agenda pembangunan Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH. “Intinya kami akan gerak cepat, ” imbuh mantan ketua PKK Kota Baubau ini.

Di tempat yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Pembangunan Sultra, H. Belli mengatakan Presiden Joko Widodo memberi sanjungan kepada Gubernur Sultra atas kinerja penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sultra yang dinilai terbaik di Indonesia.

“Akan tetapi disisi lain bapak Presiden menyoroti kondisi perekonomian Sultra yang menurun sehingga kita rapat dan sepakat susun rekomendasi kepada bapak Gubernur, terkait program dan langkah apa saja yang akan diambil guna percepatan pembangunan perekonomian di Sultra. Jadi kita langsung aktion. TGUPP bergerak maraton menyusun rekomendasi itu ke Gubernur Sultra, ” urainya.

Ia menjelaskan Biro Pembangunan melakukan pertemuan bersama Sekda Sutra dan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra guna membahas program strategis yang ada di Sultra saat ini termasuk dari TGUPP bagaimana langkah cepat meraka.

“Jadi ini yang menjadi perhatian utama kita. Kita akan lihat dari sisi mana ada kendala atau perlambatan. Kemudian kita akan carikan solusi guna percepatanya. Hal ini sesuai dengan apa yang telah diamanatkan bapak Gubernur kepada kami, ” tandasnya. (c).

Terkini