BAUBAUNEWS

Rasman Evaluasi Penggunaan Dana Kelurahan di Baubau

726
×

Rasman Evaluasi Penggunaan Dana Kelurahan di Baubau

Sebarkan artikel ini
Suasana Monev penggunaan dana kelurahan di Kota Baubau.

BAUBAU, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Rasman Manafi melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap dana kelurahan di daerah itu.

Rasman ingin melihat pelaporan kegiatan pembangunan sarana dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan se-Kota Baubau tahun 2023.

“Dasar hukum pelaksanaan dana kelurahan semuanya sudah memahami yakni ada di Peraturan Wali Kota. Yang perlu penegasan terkait selanjutnya adalah arah pembiayaan kelurahan. Kalau ini akan dipahami, dibaca, dilakukan dilaporkan bahwa yang pertama kegiatan pembangunan sarana prasarana membiayai pelayanan sosial dasar langsung dan ini di bedakan langsung dan tidak langsung,” ungkap Rasman, Selasa 12 Desember 2023.

Rasman menegaskan dalam melaksanakan kegiatan harus mengetahui hasil (outputnya) misalnya melaksanakan pelatihan untuk peningkatan kualitas masyarakat supaya meningkat ekonominya.

“Setelah melaksanakan pelatihan terus meningkat ekonomi pelatihan itu outputnya orang yang telah dilatih dengan diterimanya sertifikat. Manfaatnya dia bisa melaksanakan kegiatan ekonomi misalnya. Kenapa saya perlu tegaskan ini karena ini pelaksanaannya satu tahun anggaran jadi sekali lagi tolong ini menjadi hal yang di perhatikan jadi jangan mengeluarkan pernyataan yang nyambungnya terlalu jauh, masyarakat kita itu kalau kita bicara manfaat langsungnya itu. Dua tahap saja output, habis itu outcome,” urainya.

Ia juga mengingatkan kepada Camat dan Lurah tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat agar selalu hati-hati dalam menggunakan kalimat pemberdayaan yang kadang-kadang menyebutnya selalu disalah artikan.

“Apalagi, camat dan lurah itu lambangnya itu garuda. Lambang garuda itu ngurusin kepala sampai kaki, termasuk isi dadanya. Jadi hati-hati mengeluarkan statement karena kita memegang amanah wilayah, wilayah itu mulai dari atas bawah depan belakang itu di bawah pengelolaan kita. Jadi hati-hati dalam mengeluarkan statement,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page