BAUBAUNEWS

Rasman Waspada Sejak Dini untuk Mencegah Adanya Konflik di Baubau

483
×

Rasman Waspada Sejak Dini untuk Mencegah Adanya Konflik di Baubau

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi saat membawakan sambutan di Forum Kewaspadaan Dini.

BAUBAU, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Rasman Manafi mengimbau semua pihak terkait terkhusus Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau agar waspada sejak dini untuk mencegah adanya konflik di daerah itu mengingat Kota Baubau merupakan bagian dari masyarakat Buton yang memiliki keberagaman mulai dari budaya, agama hingga kearifan lokal.

Menurutnya, perlu ada langkah antisipasi sejak dini untuk meminimalisir potensi konflik mengingat saat ini dalam suasana menyambut pesta demokrasi lima tahunan baik Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

“Pemerintah harus mandiri, harus membantu dengan berbagai kekuatan yang dimiliki menjaga negeri dengan bersama-sama supaya tidak ada konflik-konflik. Apalagi saat ini sudah banyak soal politisasi identitas. Seperti itu tidak bisa dihilangkan. Itu kodrat, pasti ada cuma mempolitisasi untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak benar,” ungkap Rasman saat sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Baubau tahun 2023, Kamis 23 November 2023.

Ia berharap melalui sosialisasi forum kewaspadaan dini masyarakat dapat memberi pengetahuan dalam mengambil langkah antisipasi kesiapsiagaan terhadap situasi yang terjadi di masyarakat.

“Saya menegaskan kembali kepada segenap tokoh masyarakat peserta sosialisasi dan unsur Badan Kesbangpol dan Kecamatan untuk segera menfasilitasi pembentukan forum kewaspadaan dini masyarakat di wilayah masing-masing,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page