PROV SULTRA

Ridwan Badallah Uraikan Capaian Kinerja Diskominfo Sultra Selama 2023 dan Resolusi 2024

1373
×

Ridwan Badallah Uraikan Capaian Kinerja Diskominfo Sultra Selama 2023 dan Resolusi 2024

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Dinas Komunkasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat pencapaian kinerja selama tahun 2023 dan membahas resolusi tahun 2024 di Ruang Rapat Diskominfo Sultra, Selasa 02 Januari 2024.

Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah menguraikan bahwa bidang IKP dalam pencapaian di dalam kinerja Pejabat Pengelolaan Informasi Publik (PPID) merupakan salah satu kewajiban badan publik yang dinyatakan dalam Undang-Undang, Nomor 14 Tahun 2008 adalah menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP), ada juga Replikasi Klinik Hoaks Jawa Timur dalam rangka membantu masyarakat cek fakta atau hoaks, maka Diskominfo Sultra telah memiliki layanan klinik hoaks.

Ridwan mengakui saat ini website terintegrasi ke portal utama Pemprov Sultra. Diskominfo Sultra juga mendapatkan penghargaan sebagai instansi yang aktif melakukan diseminasi konten ASEAN dalam kategori Diskominfo Provinsi pada acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Media Sosial Kementerian/Lembaga/Daerah terkait KTT ASEAN ke-43 Tahun 2023.

Selanjutnya, capaian Bidang Aptika dan Informasi mengenai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 di Pemerintah Prov. Sultra dengan nilai 3.23 dengan predikat baik dan mengimplementasikan Aplikasi Sumaker.

Selain itu juga, bidang Aptika juga mendapat Award Juara 3 Pemanfaatan Multidomain tingkat Pemerintah Provinsi tahun 2923 dari Kementerian Kominfo RI. Saat ini server milik Diskominfo telah digunakan sebanyak 23 VPS untuk web dan aplikasi di OPD Sultra dalam pembuatan virtual private server dan pembuatan sub domain sultraprov.go.id telah memiliki 115 subdomain, serta pembuatan email dinas dan pembuatan website portal dinas.

Kemudian, capaian Data Center dan Statistik Sektoral yaitu Replikasi Satu Data Jawa Timur sehingga kegiatan ini di implementasi ke dalam aplikasi simdata Sultra dan penghargaan sebagai mitra kerja terbaik, Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra dari Pemerintah Prov. Sultra mendapatkan penghargaan mitra kerja terbaik dalam acara BPS Sultra Award tahun 2023.

Capaian Persandian yaitu Pertama, sertifikat  elektronik, kegiatan ini menfasilitasi kab/kota dengan BSSN, Monev Indeks keamanan informasi secara daring dengan BSSN, Kedua workshop literasi keamanan informasi kab/kota, Rakorda Kominfo Se-Sultra dan computer Incident response team.

Adapun capaian regulasi yakni Pergub Tata Naskah, Pergub Sertifikat Elektronik dan Pergub Penyelenggaraan Persandian, ada juga beberapa Pergub yang belum di masukan, karna masih proses di Biro Hukum

“Kendalanya kita yaitu ketersediaan data sektoral di Sultra terhambat, karena beberapa OPD belum memenuhi standar dan belum adanya rancangan arsitektur SPBE sesuai peraturan Presiden No. 132 Tahun 2022, sementara sarana dan prasarana yang mendukung serta keamanan data pemerintah masih perlu perbaikan sehingga perlu langkah-langkah kita akan melakukan pembangunan infrastruktur SPBE yang telah diarahkan oleh bapak Pj (Penjabat) Gubernur yang akan kita segera laksanakan” katanya

Lanjut, sulitnya aksesibilitas dalam pembangunan desa wisata dan data desa presisi, karena masih terdapat 300 titik blank spot yang tersedia di Sultra, kita baru membuat  1 (satu) Kecamatan Lalembuu sehingga blankspot itu tidak internet dan jaringan. Tahun ini juga, pembangunan BTS di Desa Bone Tondo, Kecamatan Bone Kabupaten Muna. Itu juga masih banyak kendala kita.

“Kendala kita yang lain, ketersediaan data sektoral belum terpenuhi dari beberapa OPD masalahnya ini masih banyak OPD tidak memberikan data, harapkan tahun ini kita akan mengunakan strategi lain, supaya pertumbuhan data sektoral bisa cepat dan lebih mudah sehingga ketika bapak Pj Gubernur membuat bahan atau materi tidak susah mencari data karna kami sudah sudah menyiapkan data karna tanggung jawab kita Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang satu data. Untuk itu kita dari hasil capaian kita ini, apa resolusi kita kedepan, kita akan membangun sebuah basis data presisi dan data sektor yang akan terhubung di portal resmi Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota,” ungkapnya.

Ia menambahkan resolusi 2024 pemerintahan berbasis data presisi terhubung yang terenskripsi lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan.

You cannot copy content of this page