NEWS

Sambut Hari Keluarga Nasional 2023, BKKBN dan TNI Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

1950
×

Sambut Hari Keluarga Nasional 2023, BKKBN dan TNI Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Puluhan anak pada Selasa (27/06/2023) pagi tampak berkumpul di Gedung Halim 1, Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di Jakarta Timur.

Anak-anak yang tampak mengenakan sarung itu berbaur dengan aparat TNI berbaju hijau loreng. Tampak juga beberapa orang yang mengenakan seragam putih berlogo PMI (Palang Merah Indonesia).

Hari ini, dalam menyambut Hari Keluarga Nasional ke 30 tahun 2023, BKKBN dan TNI menggelar bakti sosial berupa khitanan massal dan donor darah.

Dalam sambutannya, Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono mengatakan bahwa kemitraan ini menjadi bukti bahwa dalam mencapai tujuan bersama, BKKBN tidak mungkin bekerja sendiri, namun dukungan semua pihak menjadi faktor penting suksesnya program BKKBN.

Menurut Ari, kegiatan khitanan masal ini merupakan salah satu penerapan pendekatan ketahanan keluarga yaitu Keluarga Peduli dan Berbagi, serta wujud pengabdian BKKBN bersama mitra kerja dalam upaya memenuhi kesehatan reproduksi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Khitan selain diwajibkan dari sisi syariat agama Islam, dari sisi medis banyak manfaat yang bisa didapatkan yaitu dapat mengurangi resiko infeksi penyakit seksual menular, mengurangi resiko infeksi saluran kemih, serta mengurangi risiko kanker.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan keluarga, khususnya bagi anak”, kata dr. Zamhir Setiawan selaku Ketua Pelaksana Bakti Sosial BKKBN.

Oleh karena itu, melalui khitanan massal ini, Zamhir berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dalam melaksanakan khitan anak sebagai bekal menghadapi masa balighnya.

Diselenggarakan bersamaan dengan khitanan massal, kegiatan donor darah memiliki manfaat tidak hanya untuk penerima donor, melainkan juga bagi pendonor yaitu manfaat secara fisik maupun mental.

Secara fisik, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi kekentalan darah dengan menurunkan tingkat zat besi dalam tubuh, dan menurunkan risiko kolesterol.

Mewakili PMI Kota Bekasi, Regina menyambut baik kegiatan bakti sosial donor darah ini.

“Terima kasih kepada BKKBN melalui kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan ketersediaan cadangan darah di PMI Kota Bekasi bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Adapun total peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan khitanan massal tersebut sejumlah 82 anak. Sedangkan dalam kegiatan donor darah berhasil menghimpun 102 kantong darah.

You cannot copy content of this page