KONAWENEWS

Sekab Konawe Wakili Pj Bupati Harmin Ramba Sosialisasikan Survei Biaya Hidup 2022

621
×

Sekab Konawe Wakili Pj Bupati Harmin Ramba Sosialisasikan Survei Biaya Hidup 2022

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyosialisasikan hasil survei biaya hidup tahun 2022 sebagai upaya untuk memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat mengenai kondisi ekonomi dan biaya hidup di Kabupaten Konawe.

Survei biaya hidup tahun 2022 ini dilakukan oleh tim statistik yang bekerja sama dengan berbagai instansi terkait. Hasil survei ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai perubahan harga barang dan layanan serta dampaknya terhadap tingkat inflasi dan kesejahteraan masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba melalui Sekretarid Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan
menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan survei ini. Ia menekankan pentingnya informasi ini sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam merancang kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Survei biaya hidup ini adalah alat yang sangat penting untuk membantu pemerintah dalam memahami dinamika ekonomi masyarakat. Hasilnya akan menjadi dasar bagi kami dalam merancang program-program pembangunan yang lebih tepat sasaran,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk  menjaga kestabilan Bahan Pangan di pasaran ada 3 poin yang harus di lakukan pemerintah yaitu melakukan Oprasi Pasar Bulog, menjaga kelancaran distribusi barang di pasaran dan menjaga stok barang dan pangan di pasaran.

Salah satu poin yang dibahas dalam presentasi hasil survei adalah indeks harga konsumen (IHK) yang mencerminkan perubahan rata-rata harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

Data ini memberikan gambaran tentang tingkat inflasi dan sejauh mana kenaikan harga dapat mempengaruhi daya beli masyarakat.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan pengambilan kebijakan di tingkat daerah.

Ferdinand berharap bahwa informasi yang disampaikan dapat menjadi pijakan bagi masyarakat untuk memahami kondisi ekonomi serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dapat semakin meningkat, menciptakan kerjasama yang harmonis antara pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Konawe.

You cannot copy content of this page