Sensus Penduduk Tahun 2020 Gunakan Sistem Online

Kendari, NEWS150 dibaca

Reporter: Betirudin
Editor: Kardin

KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) bakal melakukan sensus penduduk dengan menggunakan sistem Online di tahun 2020 ini.

Kepala BPS Kota Kendari, Martini menuturkan, pada sensus penduduk kali ini, metode yang digunakan adalah kombinasi, artinya sensusnya akan dilakukan secara mandiri atau online.

“Tapi tetap ada juga sensus secara wawancara langsung,” beberanya saat Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk tahun 2020 di salah satu hotel di Kendari, Senin (27/1/2020).

Website sensus penduduk online itu bisa diakses melalui Sensus.bps.go.id dan akan dibuka pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 atau menunggu kedatangan petugas sensus pada Juli 2020.

“Kita juga berharap kepada pemerintah daerah agar membantu kami dalam melaksanakan sensus penduduk di tahun ini,” harapnya.

Tempat sama, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menerangkan, terkait adanya ketidak singkronan data antara BPS dengan pemerintah sebelumnya, diharapkan dengan metode Online dapat mendorong aktualisasi data yang valid nantinya.

“Sebenarnya ini merupakan bentuk semangat bahwa data yang kita hasilkan adalah data yang berkualitas,” tuturnya. (b)