NEWS

Sidak ke BLUD Konawe, Pj Bupati : Keluarga Pasien Jangan Membludak Agar Penyakit Tidak Ikut Menyebar

684
×

Sidak ke BLUD Konawe, Pj Bupati : Keluarga Pasien Jangan Membludak Agar Penyakit Tidak Ikut Menyebar

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe, Minggu 25 Februari 2024.

Dalam sidak tersebut, Harmin didampingi Direktur BLUD RS Konawe, dr Abdul Rahman Matta, Kepala Tata Usaha (KTU), Rodi dan dokter umum. Setibanya, Harmin langsung menuju bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) guna melihat para pasien.

Harmin menyapa satu persatu para pasien dan keluarganya. Kebanyakan penyakit yang diderita pasien merupakan penyakit yang umum yakni demam, muntah, diare dan penyakit lambung.

“Saya sampaikan terkhusus kepada keluarga pasien agar tidak bertumpuk di tempat ini. Cukup 1 orang penjaga pasien saja. Ini kita mencegah. Jangan sampai yang tadinya keluarga pasien baik-baik saja karena bertumpuk disini akhirnya ikut juga terpapar penyakit,” ungkap Harmin

Menurutnya, kondisi RS Konawe yang saat ini banyak pasien merupakan hal yang lumrah. Hal itu diakibatkan oleh perubahan cuaca pancaroba yakni demam, batuk dan lain sebagainya.

“Kita sementara antisipasi semua, kemungkinan terjadinya TBC dan DBD. Untuk pencegahan kita akan lakukan pogging di daerah-daerah secara bersamaan,” ujar Harmin.

Ia kembali mengigatkan kepada Direktur BLUD RS dan seluruh jajarannya agar lebih memperketat SOP arau tata tertib RS utamanya waktu besuk keluarga.

Selanjutnya, keluarga pasien sebisa mungkin dapat diarahakan untuk menginap di rumah inap yang telah disipakan di dalam areal RS tersebut.

“Saya ingin RS ini ada ruang-ruang publik, atau ruang service area. Jadi ketika ada keluarga pasien yang datang menyenguk dia tidak langsung ke ruangan pasien, tetapi dia lebih betha berada di ruang service area. Yang terakhir masalah kebersihan. Kebersihan dan kerapihan juga tak kalah pentingnnya. Buatlah rumah sakit ini menjadi rumah sehat untuk pasien. Buat mereka menjadi tersugesti untuk bisa sembuh,” pintanya.

Sementara itu, dokter IGD BLUD Konawe, dr M Isyroqi menambahkan kebanyakan gejala pasien anak maupun dewasa yang diderita saat ini merupakan penyakit umum.

“Ada sebagian penyakit menular seperti TBC, dan Demam Berdarah Dengue (DBD),” ujarnya.

Ia menjelaskan saat hanyaa beberapa pasien saja yang menderita penyakit menular dan demam berdarah. Namun pihaknya berupaya untuk segera menyembuhkan. (Adv).

You cannot copy content of this page