oleh

Survei LSI : Cawapres Ma’ruf Amin Ungguli Sandiaga Uno

JAKARTA – Dua bakal cawapres pada Pilpres 2019 yang diputuskan di menit-menit terakhir dari masing-masing koalisi partai pengusung yakni KH Ma’ruf Amin untuk Joko Widodo dan Sandiaga Salahuddin Uno untuk Prabowo Subianto. Jika dibandingkan elektabilitas dari kedua cawapres tersebut menurut LSI wakil Jokowi unggul dibanding wakil rivalnya..

LSI Denny JA menggelar survei tingkat keterpilihan cawapres berdasarkan karakter Ma’ruf Amin vs Sandiaga Uno. Survei digelar pada 12-19 Agustus 2018 menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan tatap muka 1.200 responden dari 33 Provinsi di Indonesia.

Rully mengungkapkan, untuk tingkat keterpilihan atau disukai oleh pemilih muslim dari kedua cawapres, Ma’ruf Amin mengungguli dari Sandiaga Uno.

“Dari 7 karakter, Ma’ruf Amin unggul 4 karakter,  Sandiaga Uno unggul 3 karakter,” ujar Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Kata Rully, Hal tersebut berdasakan latar belakan dari kedua cawapres, dimana Ma’ruf Amin adalah ketua MUI sementara Sandiaga tidak memiliki latar belakang atau tidak masuk sebagai kategori pergerakan Islam.

“KH. Ma’ruf Amin adalah Ketua MUI sementara Sandiaga Uno bukan tokoh yang dikenal dalam pergerakan Islam,” ungkap Rully.

Berikut data survey presentasi tingkat keterpilihan dari pemilih muslim yakni dari kedua karakter masing-masing Bakal Calon Wakil Presiden 2019 Ma’ruf Amin vs Sandiaga Salahudin Uno:

1. Ma’ruf Amin
a.Jujur = 52,3%
b.Pintar =61,2%
c.Nasionalis =58,2%
d.Agamis/Religius =64,1%
e.Berwibawa sebagai pemimpin =47,9%
f. Perhatian pada Rakyat =49,9%
g.Mampu mengambil keputusan dengn tegas =32,8%

2.Sandiaga Salahudin Uno
a.Jujur = 43,9%
b.Pintar =62,7%
c.Nasionalis =55,9%
d.Agamis/Religius =47,0%
e.Berwibawa sebagai pemimpin =51,0%
f. Perhatian pada Rakyat =43,3%
g.Mampu mengambil keputusan dengn tegas =41,3%.(a)


Reporter : Suriadin

Terkini