oleh

Tiga Hari Dihitung, Pleno Rekapitulasi Suara KPU Koltim Ditutup Jelang Azan Subuh

Reporter : Jaspin

Editor : Kang Upi

TIRAWUTA – Setelah tiga hari dilakukan penghitungan, atau sejak Minggu (28/4/2019), pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), resmi berakhir, Selasa (30/4/2019) pukul 04.09 Wita dini hari.

Rekapitulasi ini sendiri memakan waktu yang cukup panjang karena menghitung rekapan suara dari 12 kecamatan se-Koltim, yang dilakukan di Aula Kantor DPRD Koltim, dengan penjagaan ketat dari TNI dan Polri.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan, meskipun diakhiri menjelang adzan subuh, namun pelaksanaan pleno yang diselenggarakan berjalan aman, lancar dan tertib.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, tanpa ada kendala, tidak ada sanggahan baik itu dari saksi maupun pengurus partai politik,” katanya, Selasa (30/4/2019) di kantor KPU Koltim.

Ia juga menuturkan, dari Pleno ini juga diketahui jika partisipasi pemilih di Koltim sangat tinggi yakni mencapai 83 persen lebih dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 80.997 pemilih.

Baca Juga :

“Dan paritipasi pemilih pada Pemilu kali ini mencapai 83.90 persen, dan melebihi target sebelumnya hanya 75 persen,”ujarnya.

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan Pemilu di Koltim, tak lepas dari keterlibatan semua pihak baik Pemerintah Daerah (Pemda), petugas gabungan TNI/Polri, Bawaslu, pengurus partai politik, saksi, peserta Pemilu, pemilih serta petugas KPU itu sendiri.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemda Koltim yang mensupport kami dengan pelayanan kesehatan selama pleno. Dan juga TNI/Polri yang mengamankan semua tahapan Pemilu mulai TPS hingga pleno KPU sehingga berjalan aman, lancar dan tertib,” tutur Nengtias.

Pleno rekapitulasi ini dihadiri Komisioner KPU, Ketua Bawaslu berserta jajaran, petugas gabungan TNI/Polri serta perwakian Polres Kolaka diwakili Kasat Intel, Iptu Asis Lama. (A)

Terkini