oleh

Tingkatkan Mutu Pelajar di Bumi Anoa, Dikbud Sultra Teken MoU Bantuan Pendidikan Sarjana

Reporter : Rahmat R.
Editor : Ardilan

KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus bergerak meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah pendemi Covid 19.

Upaya peningkatan SDM dalam hal peningkatan mutu pelajar di Bumi Anoa ditunjukan Pemerintah Provinsi melalui Dikbud Sultra dengan meneken MoU bantuan Program Bantuan Pendidikan Sarjana di Universitas Sampoerna yang di wakili oleh Ibu Mutmainna Syahril selaku Corporate Affairs & Government Relations Manager Putera Sampoerna Foundation.

“Saya menyambut baik untuk kerjasama Program Bantuan Pendidikan di Universitas Sampoerna, saya berharap dengan adanya program ini dapat memberikan peluang emas bagi 10 anak di Provinsi Sulawesi Tenggara untuk bisa mengenyam Pendidikan di Universitas Sampoerna yang bekerjasama dengan University of Arizona di Indonesia ,” kata Gubernur Sultra, H Ali Mazi, SH beberapa waktu lalu.

Sementara, Plt Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan Kerjasama Program bantuan Pendidikan di Universitas Sampoerna merupakan sistem sharing dari sisi pembiayaan, dimulai dari Tuition fee sampai Living allowance. Hal ini sesuai visi dan misi Gubernur Sultra yang menyadari penuh pentingnya pendidikan tinggi bagi masyarakat.

Ia meyebut, peningkatan SDM tersebut tidak lepas dari harapan Gubernur Sultra untuk memajukan pendidikan di Sultra. Hal ini dengan tujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa berkualitas dan berkaliber Internasional bagi pembangunan Indonesia dan Provinsi Sultra pada khususnya.

“Di tanggal 03 bulan Juni 2019 telah dilakukan tahap awal seleksi, dimulai dengan pembukaan pendaftaran melalui online portal bagi siswa-siswi Sultra yang memiliki nilai rapor SMA rata-rata 80 ke atas, dari jangka waktu yang sudah ditentukan, siswa-siswi akan melakukan Diagnosis test (DT) yang dilakukan secara online, melalui hasil DT, siswa-siswi yang terpilih akan melanjutkan test ke 2 yaitu Pert Test. Test ini meliputi pelajaran matematika, pengetahuan umum, Bahasa Inggris (reading, listening & writing dalam Bahasa Inggris),” kata Plt Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio dalam rilisnya Senin 13 Juli 2020.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil Pert Test, siswa-siswi terpilih setelah lulus SMA akan langsung diterima kuliah di Universitas Sampoerna yang berkurikulum internasional dari Univesity of Arizona.

“Setelah melalui serangkaian test yang dilakukan di Kendari Sultra untuk tahun ajaran 2020 sebanyak 5 siswa yang kami nyatakan lolos seleksi, dan pada tanggal 09 Juli 2020 dilaksanakan penyerahan laptop kepada 5 Mahasiswa sebagai sarana pembelajaran. Saya langsung yang menyerahkan selaku Kepala Dinas Pendidikan Sultra, “ jelas Asrun.

Ia menambahkan pihaknya mendukung penuh program bantuan pendidikan ini demi menciptakan Sumber Daya Manusia yang berdaya saing global.

Sementara Corporate Affairs & Government Relations Manager, Mutmainna Syahril menuturkan Universitas Sampoerna merupakan Universitas berstandar internasional yang telah bekerjasama dengan University of Arizona di Amerika.

“Melalui kerjasama ini, Founder Putera Sampoerna Foundation, Bapak Putera Sampoerna mempunyai Visi dan Misi agar semakin banyak anak-anak Indonesia dapat mengenyam Pendidikan setaraf Internasional di Indonesia dan dapat menciptakan lulusan yang berkarakter dan berkompetensi dalam menghadapi tantangan global,” urainya

Kata dia, MoU itu menyepakati dari Sultra akan membiayai kima siswa dan Putera Sampoerna akan membiayai lima siswa pula sehingga 10 siswa-siswi champion akan mewakili Sultra berkuliah di Universitas Sampoerna.

Untuk diketahui, Putera Sampoerna Foundation (PSF) merupakan Sosisl Bisnis Pertama di Indonesia yang memiliki Visi dan Misi untuk mencetak calon-calon pemimpin masa depan dan merupakan penyelenggara dari Universitas Sampoerna.

Universitas Sampoerna (SU) merupakan institusi Pendidikan yang beroperasi berdasarkan lisensi dan otoritas dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Didirikan dengan standar nasional dan internasional, Universitas Sampoerna memiliki kualifikasi unik untuk memberikan kontribusi yang substansial kepada masyarakat melalui pendidikan. SU memiliki 3 falkultas, yaitu Falkultas teknik (Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri), Fakultas Bisnis (Jurusan Management dan Accounting) dan Fakultas Pendidikan Keguruan (Jurusan Bahasa Inggris dan Matematika).

Universitas Sampoerna adalah komunitas belajar yang mempersiapkan siswa untuk berhasil baik secara akademis dan profesional. Di sini, siswa tidak hanya akan belajar dan memperoleh ketelitian akademis — mereka akan ditantang untuk berpikir, berprestasi, dan tumbuh ke tingkat yang lebih maju. Dengan program kami, siswa dijamin memiliki keterampilan dan kredensial yang lebih baik yang akan membuka pintu bagi karier nasional atau internasional setelah mereka lulus. (c).

Terkini