oleh

Umar Marhum, Wartawan Pertama di Sultra yang Bergelar Doktor

Redaksi

KENDARI – Umar Marhum yang kini bernama lengkap Dr Umar Marhum STP MH, menjadi wartawan pertama di Sultra yang meraih gelar doktor.

Wakil Direktur Produksi dan Sumber Daya Manusia, Surat Kabar Harian Rakyat Sultra itu, akan diwisuda, Kamis 30 Januari 2020 di Universitas Halu Oleo.

Dia berhasil mempertanggung jawabkan disertasinya berjudul ‘Analisis Framing Pemberitaan Pers Lokal dalam Implementasi Kebijakan Lingkungan dan Tata Kota Pemerintah Kota Kendari’ di hadapan para penguji internal dan eksternal di ujian terbuka 21 November 2019 lalu.

Disertasinya itu mendapat bimbingan Prof Dr H Muhammad Jufri Dewa SH MSi selaku Promotor, Dr Ir Jamal Bake MSi selaku Co-Promotor 1 dan Dr Muh Najib Husain selaku Co-Promotor 2.

Umar Marhum masuk kategori wartawan senior di Sultra yang memulai karir kewartawanannya sejak 1996, ketika itu masih duduk di bangku kuliah diploma tiga (D3) Agroindustri Universitas Halu Oleo (UHO).

Dosen tetap Yayasan Universitas Lakidende pada Fakultas Ilmu Hukum ini, mengajak dan memotivasi para wartawan lainnya, agar meningkatkan kapasitas dan kemampuan, dengan menempuh pendidikan formal.

“Sehingga kedepan akan lahir doktor-doktor baru dikalangan wartawan dari berbagai media di daerah ini, dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda pula tentunya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kapasitas pendidikan wartawan yang mumpuni, akan melahirkan pemberitaan media yang baik dan mencerdaskan.

Karena dengan ilmu, mampu menganalisa dan memahami persoalan yang muaranya menulis berita dengan baik, benar serta sesuai fakta.

Terkini