BREAKING NEWSMETRO KOTANASIONALNEWSPROV SULTRA

Wakili Pj Gubernur, Sekda Sultra Hadir Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024

123

KONSEL, mediakendari.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT)  Tentara Nasional Indonesia (TNI)  Ke79  Tahun  pada 5 Oktober 2024 yang berlangsung di Apron Landasan Udara Halu Oleo, Kabupaten Konawe Selatan.

Kehadiran Asrun Lio mewakili Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto dalam upacara HUT TNI yamg 79 yang dipimpin oleh Komandan Korem 143/HO, Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han., sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Upacara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Sultra, personel TNI, Polri, Brimob, serta instansi terkait lainnya seperti Basarnas, Avsec Bandara, dan satuan-satuan TNI-Polri lainnya. Komandan upacara dipercayakan kepada Mayor Kes Masrio Septi Hanafi, S.Si., yang menjabat sebagai Kasibinjas Lanud Halu Oleo. Mayor Chk Agung Widhi, S.H., M.H.,

Upacara tersebut juga, Kakum Korem 143/HO bertindak sebagai komandan defile, sementara perwira upacara adalah Mayor Lek Adie Mardiyanto, Kasibakti Dispotdirga Lanud Haluoleo.

Dalam upacara juga digelar pemberian tanda kehormatan negara Republik Indonesia yang diserahkan langsung oleh Irup.

Penerima penghargaan diantaranya adalah Kapten Inf Sulhan dari matra Angkatan Darat (AD), Serma Mar Hasrin Hamsis dari matra Angkatan Laut (AL), dan Praka Candra Wijaya dari matra Angkatan Udara (AU).

Dalam sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto, S.E., M.Si., yang dibacakan oleh Irup, menekankan tema peringatan HUT TNI tahun ini, “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju.

Panglima TNI juga menggarisbawahi pentingnya profesionalisme, responsivitas, dan modernisasi TNI dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tema tersebut dianggap relevan dalam menghadapi tantangan zaman, terutama di tengah perkembangan politik, ekonomi, dan teknologi yang terus berubah secara dinamis.

Jenderal Agus Subianto juga memberikan penekanan khusus pada kualitas sumber daya manusia TNI yang harus inovatif serta mampu mengoperasikan alutsista berteknologi tinggi. Transformasi TNI diharapkan mampu mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan pertahanan yang disegani di tingkat internasional.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang telah berkontribusi signifikan dalam memajukan TNI selama 10 tahun masa pemerintahannya.

Selain itu, ia mengajak seluruh prajurit untuk menyambut Presiden terpilih Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, yang diyakini akan semakin memperkuat posisi TNI di kancah nasional maupun global.

Dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-79 juga, Lajut dl Danrem, akan diisi dengan berbagai kegiatan sosial, seperti bakti kesehatan, pengobatan umum, donor darah, sunatan massal, makan gratis, doa bersama, dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubanga.

Dengan semangat HUT TNI, seluruh prajurit diharapkan dapat terus menjaga soliditas, profesionalitas, serta kemanunggalan dengan rakyat demi tercapainya Indonesia Maju.

“Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” ucap Danrem Haluoleo Kendari.

Laporan : Redaksi

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version