NEWS

Warga di Kapoiala dan Soropia Terdampak Kekeringan, Pemkab Konawe Bagikan Air Bersih

942
×

Warga di Kapoiala dan Soropia Terdampak Kekeringan, Pemkab Konawe Bagikan Air Bersih

Sebarkan artikel ini

KONAWE, mediakendari.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Konawe, Sultra melakukan pendistribusian air bersih di beberapa Desa di Kecamatan Soropia yang terdampak kekeringan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Konawe Agus Suyono mengatakan saat ini pihaknya bersama pasukan Pemadam Kebakaran telah melakukan penyaluran air untuk kebutuhan rumah tangga di 4 Desa yang berada di Kecamatan Soropia.

“Target kami hari ini seluruh desa yang terdampak bisa mendapatkan air bersih,” ungkapnya.

Untuk titik awal, lanjut Agus Suyono pihaknya menyalurkan di Desa Leppe, kemudian lanjut di desa lainnya Bajo Indah, Bajoe, dan Atolano.

Ia menjelaskan pihaknya akan melakukan pendistribusian jangka pendek awal selama 14 hari untuk menanggulangi kekeringan dan kekurangan air bersih ini sambil menunggu perkembangannya.

Lanjut Agus Suyono, pihak Pemda melalui Dinas PU juga telah melakukan survey di beberapa desa ini untuk membangun sebuah sumur bor dalam menangani kekeringan ini dan untuk penanggulangan jangka panjangnya.

“Tapi untuk saat ini kita minimalisir dulu dan hari ini kita targetkan 4 sampai 5 ret untuk distribusi air bersih lalu dilanjutkan besok,” jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan armada yang tinggal di Kecamatan Soropia untuk terus menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang terdampak.

Agus Suyono membeberkan selain Kecamatan Soropia pihaknya juga akan melayani penyaluran air bersih di Kecamatan Lalonggasumeto tercatat ada 5 desa yang juga terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Jadi armada kita nanti itu gantian satu hari di Kecamatan Soropia dan satu hari di Kecamatan Lalonggasumeto hingga 14 hari kedepan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan dalam penyaluran air bersih ini pihaknya akan menempatkan di beberapa titik di setiap dusun yang berada di desa yang kemudian masyarakat bisa mengambil di titik-titik tersebut.

Agus Suyono berharap dengan penyaluran air bersih ini masyarakat bisa lebih tenang menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidak terpengaruh oleh kekeringan ini.

“Untuk kebutuhan air bersih insyaallah Pemkab Konawe akan terus mensuplai sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Soropia Masnur mengungkap tercatat sudah 4 desa yang mengalami kekeringan dan kelangkaan air bersih selama 2 minggu terakhir ini.

Untuk empat desa tersebut, lanjut Masnur, ada Desa Leppe ada 3 dusun yang terdampak kekeringan, Desa Bajo Indah 1 dusun, Desa Bajoe 3 dusun dan Atowatu ada 1 dusun.

“Sebelumnya sumber pangairan dari masyarakat itu dari perpipaan gunung,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Salah satu masyarakat Desa Leppe Ibu Nina mengatakan agar pemerintah daerah dapat terus menyalurkan air bersih selama kekeringan ini.

“Kurang lebih hampir satu bulan mi kita kekurangan air dan baru sekarang ini dapat bantuan air bersih,” jelasnya. (Adv)

You cannot copy content of this page