Warga di Kendari Bisa Ambil Kredit Tanpa Bunga Lewat Program AMAN, Ini Syaratnya

NEWS3,911 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Warga Kota Kendari diberikan kemudahan dalam mengakses bantuan permodalan usaha melalui program AMAN.

Program AMAN sendiri mengusung tagline Iyamo Parsayai Rentenir yang artinya ‘jangan percaya kepada rentenir’, yang di luncurkan sejak Agustus 2022 lalu.

Baca Juga : Layanan PDAM Kendari Kurang Memuaskan?, Silahkan Lapor Ombusman Sultra

Program ini dilaksanakan Dinas Perdagangan Koperasi (Disperdakop) dan UMKM Kota Kendari bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari dan Bank Sultra.

Kepala Disperdagkop dan UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae mengatakan, untuk kredit ini, bunga pinjamannya disubsidi Baznas Kota Kendari.

“Bank hanya memberikan pinjaman dan bunganya itu disubsidi oleh Baznas dari uang hasil zakat,” kata Alda Kesutan Lapae, Kamis 15 Desember 2022.

Menurutnya, subsidi yang nantinya diterima debitur berbeda-beda, tergantung dari seberapa besar angka yang dipinjam yang diusulkan warga.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun Ombudsman Sultra, Aduan Terbanyak Masalah Agraria

Adapun persyaratan utama untuk bisa meminjam dana lewat program ini, adalah warga tersebut tidak boleh memiliki pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya.

“Kita berikan layanan terhadap masyarakat yang belum pernah tersentuh bantuan kredit usaha. Persyaratan lainnya sama dengan pinjaman pada umumnya,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari