oleh

31 Ribu Orang di Konawe Masuk Kategori Miskin

Reporter: Muh. Ardiansyah R

KONAWE – Sebanyak 31 ribu orang di Konawe masuk kategori miskin, di tahun 2019. Jumlah itu lebih rendah dibanding tahun 2018 lalu dimana jumlah warga miskin sebanyak 33.400 orang.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe, untuk presentase kemiskinan di Konawe tahun 2019 sebesar 12.34 persen. Jumlah itu menurun 1,14 persen dibanding presentase tahun 2018 lalu dimana angka kemiskinan sebesar 13.48 persen.

“Dalam menghitung angka kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan warga dalam memenuhi kebutuhan dasarnya atau basic needs approach,” kata Kepala BPS Kabupaten Konawe, Sultriawati Efendy, Kamis, (23/1/2020).

Menurutnya, dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur menurut garis kemiskinan.

“Angka penurunan ini disebut terus terjadi karena berhasilnya program kesejahteraan milik pemerintah seperti bantuan sosial hingga bantuan pangan non tunai,” ungkapnya.

Sultriawati menuturkan, adanya penurunan angka kemiskinan berhubungan dengan gencarnya program pemerintah,untuk meningkatkan hasil produksi khususnya dibidang pertanian dan perikanan.

“Dari data tersebut terjadi penurunan, jadi singkronlah dari program pemerintah Kabupaten, baik sektor pertanian, peternakan dan perikanan,” lanjutnya.


Terkini