BAUBAUNEWS

Akreditas RS Baubau untuk Peningkatan Mutu Pelayanan

839
×

Akreditas RS Baubau untuk Peningkatan Mutu Pelayanan

Sebarkan artikel ini
BLUD RS Kota Baubau

BAUBAU, Mediakendari.com – Badan Layanan Umum Daerah(BLUD)  Rumah Sakit (RS) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melaksanakan proses akreditasi  di level bintang 3 untuk peningkatan mutu pelayanan.

“Jangan hanya saat akreditasi ini semua kelihatan sempurna tapi saya harapkan ini berjalan secara berkelanjutan sehingga masyarakat bisa puas karena budaya perawatan di RSUD ini mengutamakan mutu pelayanan dan kualitasnya,” ungkap Kepala BLUD Kota Baubau, dr Sadly Salman, Rabu 06 Desember 2023.

Sadly menerangkan akreditas RS Baubau dilakukan oleh lembaga akreditas Rumah Sakit Dharma Husada paripurna. Proses akreditasi dimulai sejak Agustus 2023 lalu melalui pra survey kemudian evaluasi survey.

Ia menyebut, fokus utama penilaian untuk akreditasi meliputi beberapa hal diantaranya penilaian standar mutu nasional, standar mutu prioritas di RSUD dan prioritas di new natal ICU kemudian mutu di unit-unit lain seperti di kamar operasi.

“Umpamanya ada 10 pasien ternyata hanya 9 orang yang masuk dalam range (Jangkauan) 30 menit tadi berarti ditulis dalam penilaian 90 persen. Sementara untuk unit sendiri umpamanya standarnya 80%. Jadi akreditasi ini menilai mutu pelayanan di RSUD Baubau ini sudah standar nasional apa belum,” ungkapnya.

Ia mengakui persiapan menuju bintang lima atau paripurna sudah setahun dilakukan dimulai dari sarana prasarana, dokumen dokumen yang harus dipersiapkan, komitmen-komitmen dari setiap dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan sampai hal lainnya dibuat dalam bentuk dokumen.

“Sehingga itu akan dilihat oleh tim surveyor apakah sudah sesuai dengan penempatannya apa tidak. Ada sekitar 16 penilaian baik dokumen, kinerja maupun sarana dan prasarana,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page