NEWSPROV SULTRASULTRA

Aktivis UHO Bentuk Lembaga Pemerhati Lingkungan Hidup Di Sultra

779
×

Aktivis UHO Bentuk Lembaga Pemerhati Lingkungan Hidup Di Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Aktivis dari Universitas Halu Oleh (UHO), Muhamad Ismail bersama rekan- rekannya membentuk Lembaga Pemerhati Lingkungan Hidup Nusantara Di Sulawesi Tenggara (PELHIRA Sultra). Hal itu sebagaimana dikemukakan Ketua PELHIRA Sultra, Muhamad Ismail, yang merupakan jurusan Teknik Pertambangan, F- MIPA UHO, kepada Mediakendari.com, baru- baru ini.

“Pembentukan organisasi ini bergerak di bidang lingkungan karena kita lihat hari ini Sultra ini wilayahnya sangat berkaitan erat dengan dengan yang namanya lingkungan. Karena dimana di Sultra ini banyak daerah- daerah tambang kemudian mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Ini tentunya menjadi alasan kenapa beberapa mahasiswa di jurusan- jurusan UHO membentuk lembaga ini,” ujarnya.

Lanjut Ia mengatakan, tujuan pembentukan lembaga itu, yakni sebagai pemerhati lingkungan hidup dan mengajak kepada kalangan masyarakat umum bersama- sama menggalakan bidup bersih di Sultra.

“Selanjutnya, melihat kondisi kita di Sultra di bidang lingkungan terutama kita ini kan punya daerah tambang, tentunya ini salah satu perhatian khusus dimana banyak perusahan- perusahaan tambang yang tidak mengedepankan asas pertambangan yang baik. Dimana mereka hanya menambang dan memudian tidak ada proses reklamasi yang baik, tidak ada proses pemulihan lingkungan kembali, tidak ada penghijauan. Jadi ini mungkin coba tekankan lagi kepada beberapa perusahaan tambang di Sultra bagaimana bisa mengedepankan itu,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya masih mengurus surat izin di Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sultra.

“Karena ini menjadi bukti legalitas lembaganya sudah bisa terdaftar di daerah, sudah bisa jalan untuk kegiatan organisasinya,” pungkasnya.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page