Amankan Nataru, Polda Sultra Kerahkan Ribuan Pasukan

NEWS250 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Polda Sultra mengerahkan 3270 personel untuk pengamanan peringatan Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Pengamanan Nataru digelar dalam Operasi Lilin Anoa 2022, yang dilaksanakan mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi mengatakan, personel yang turunkan terdiri dari 1318 personel Polri, 368 TNI, instansi terkait serta pihak lainnya ada sebanyak 1584 personel.

Menurutnya, para personel yang dikerahkan tersebut nantinya akan melakukan pengamanan di 71 Pos yang telah disediakan.

Untuk rincian posnya yakni, Pos Pengamanan (Pam) 34 lokasi, Pos Pelayanan 11 lokasi, Pos terpadu 4 lokasi dan Pos Pam khusus untuk pengamanan natal ada sebanyak 22 lokasi.

“Untuk titik rawan secara spesifik saat ini tidak ada. Namun terkait kerawanan yang berpotensi besar adalah kecelakaan sebab banyaknya kendaraan yang keluar pada saat malam dan tahun baru,” terang Kombes Pol Rahmanto Sujudi.

Sementara itu, Kopolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman mengatakan, menjelang Nataru pihaknya telah mempersiapkan strategi guna mencegah terjadinya tidak kejahatan.

“Benar yang diutamakan adalah melaksanakan perayaan ibadah natal maupun kegiatan tahun baru. Namun untuk antisipasi rumah-rumah yang ditinggal oleh pemiliknya keluar kota. Kami sudah menyiapkan personel khusus untuk melakukan patroli di jam-jam rawan,” singkatnya.

Reporter : Muhammad Ismail