Hadapi Momen Nataru, Perum Bulog Sultra Sediakan 300 Ton Beras

NEWS275 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Perum Badan Urusan logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyediakan 300 ton beras untuk persiapan menyambut Natal tahun baru (Nataru) 2023.

Kepala Bulog Sultra, Siti Mardati Saing mengungkapkan, 300 ton beras ini hanya untuk periode Desember, karena konsumsi masyarakat Kota Kendari perhari hanya kisaran 30-50 ton.

Siti menambahkan, selain beras pihaknya juga menyiapkan stok gula pasir sebanyak 120 ton dan minyak goreng 135 ribu liter, guna mengantisipasi agar stok tidak kehabisan.

“Itu diorder setiap harinya ke pasar-pasar yang ada di Kendari, selama ini rata-rata 100-200 ton per hari, misalkan per bulan 2.500 ton. Maka stok kita akan aman sampai Desember 2022, olehnya itu, saat ini Bulog selalu siap siaga pasalnya inflasi sekarang mengalami kenaikan,” bebernya, Kamis, 22 Desember 2022.

Bulog akan selalu menyiapkan kebutuhan pasar. Sejauh ini Bulog menguasai pasar beras sebanyak 12.755 ton. Artinya dengan perhitungan lima bulan kedepan stok beras itu masih aman.

Kendati demikian, Siti menyebut bahwa jenis beras itu ada dua macam yakni beras premium dan beras medium.

“Jadi, beras premium itu seperti beras kepala yang pecahnya butirnya tidak banyak, sedangkan beras medium itu banyak pecahnya dan Bulog hanya menyediakan beras medium, jika terjadi kenaikan maka akan dilakukan pengecekan beras tersebut,” sebut Siti.

Bulog Sultra juga memastikan komoditi lain seperti gula pasir dan minyak masih dalam keadaan aman dan tercukupi.

“Bulog berusaha untuk menstabilisasi harga agar tidak terjadi lonjakan yang begitu tinggi,” tutupnya.

Reporter : Sardin. D