BUTON SELATANNEWS

Anggaran Pilkada Diketok, KPU Busel Bersiap Seleksi Bank Penyimpanan

677
×

Anggaran Pilkada Diketok, KPU Busel Bersiap Seleksi Bank Penyimpanan

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman dan Ketua KPUD Buton Selatan, Hastun saat penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran pilkada 2024.

BUTON SELATAN, Mediakendari.com – Anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Selatan (Busel) telah diketok dengan nilai sebesar Rp 29 miliar setelah komisi pemilihan umum (KPU) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten bersepakat usai proses review dan penyesuaian oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Rabu 01 November 2023.

Ketua KPU Busel, Hastun mengungkapkan pasca disepakati pihaknya kini bersiap menyeleksi bank untuk menyimpan anggaran pilkada tersebut.

“Saat ini kita sedang melakukan Beauty contes yaitu menyeleksi bank yang akan digunakan sebagai penampung anggaran. Pekan depan, perwakilan perbankan bakal diundang untuk mengikuti beauty contes guna menentukan bank yang layak dan sesuai ketentuan sebagai Bank penampung anggaran,” ungkapnya.

Ia menerangkan pihaknya juga telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Pemda Busel.

Berdasarkan surat edaran Kemendagri Nomor 900.1.9.1/5252/SJ pencairan belanja hibah tersebut dilakukan dua tahap. Rinciannya 40% dari nilai NPHD direalisasikan pada tahun anggaran 2023 dan 60  % dari pada tahun anggaran 2024 yaitu 5 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Hastun menambahkan tahapan Pilkada masih menunggu PKPU yang akan disampaikan oleh KPU RI yang diperkirakan bakal diluncurkan tahapan Pilkada mulai Desember 2023.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page