NEWS

Aplikasi Laika Mulai Diperkenalkan Kepada Masyarakat Kendari 

1136
Tampak suasana sosialisasi di kelurahan Mandonga.

KENDARI – Wujudkan kota layak huni dan edukasi aparat pelayanan publik dan masyarakat, Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Kendari bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari gelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan perkenalan Aplikasi New Laika di Kelurahan Mandonga Kamis, 24 Maret 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Mandonga beserta jajaran, RT/RW Kelurahan Mandonga dan warga Kelurahan Mandonga Kecamatan Mandonga.

Ketua Tim UPP Kota Kendari, Kompol Alwi, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengedukasi aparat pelayanan publik juga masyarakat.

“Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini kita berharap aparat dan masyarakat bisa paham dan menjalankan segala urusan sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Baca Juga : Polisi Temukan Indikasi Korupsi 500 Juta Pengadaan Alat PCR Dinkes Muna

Sementara itu, Irban investigasi (Irves) Mulyadi M mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka sosialisasi Sapu bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan pengenalan Aplikasi New Laika di Kota Kendari.

“Kita harapkan melalui kegiatan ini kesadaran akan tidak melakukan korupsi dapat berjalan sebagaimana mestinya dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Kendari juga bisa dapat terealisasi dengan baik sebagaimana Visi Misi Kota Kendari mewujudkan Kota layak huni berbasis ekologi Informasi dan Teknologi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) E-government Dinas Kominfo Kendari, Wawan Astanto mengatakan bahwa Aplikasi New LAIKA merupakan inovasi dari Wali Kota Kendari.

“Ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan dari manual ke digital serta menerbitkan administrasi di Pemerintah Kota Kendari,” ucapnya.

Wawan menambahkan bahwa dengan adanya aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor kelurahan, kecamatan dan Capil untuk berurusan.

‘Bapak dan ibu cukup menggunakan Aplikasi New Laika kapan dan dimana saja berada,” terangnya.

Camat Mandonga, Nasaruddin Saud mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi Laika dapat berdampak pada berkurangnya pungli di kelurahan.

Baca Juga : Salurkan KIS, Pemkot Kendari Harapkan Masyarakat Berobat Tanpa Keluarkan Biaya

“Ini juga mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi, tidak harus lagi datang di Kelurahan cukup melalui handphone. Kita berharap, apa yang disosialisasikan ini dapat di pahami, dimengerti dan diterapkan menuju Kendari Sukses,” tambahnya.

Untuk diketahui New LAIKA merupakan Aplikasi pelayanan publik satu pintu Kota Kendari dalam satu portal yang meliputi Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil, Layanan 11 Kecamatan, Layanan 11 UPTD disdukcapil, Layanan 45 Kelurahan, Layanan Aduan Publik Inspektorat, Layanan Damkar, Layanan DLHK, Layanan Ambulans Dinkes Kota Kendari, Layanan BPBD, Layanan DPM-PTSP, dan Layanan Survey Dinas Kominfo.

Aplikasi Laika juga dapat didownload melalui PlayStore atau Klik Link Ini, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kotakendari.laika.

 

Reporter : Dila Aidzin

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version