NEWS

Asrun Lio Apresiasi Dharma Wanita Persatuan Dikbud Sultra

491
Tampak Foto bersama Asrun Lio dan Dharma Wanita Persatuan Dikbud Sultra

KENDARI – Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio menjelaskan, minyak yang dibagikan tersebut merupakan hasil dari gerakan massal pembuatan minyak goreng tradisional oleh pemuda-pelajar yang berlangsung serentak pada 17 kabupaten kota di Sultra. Minyak itu kemudian dibeli Dharma Wanita Dikbud Sultra untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

“Ide pembuatan minyak goreng dari para pemuda KNPI Sultra memberikan sejumlah dampak positif, katanya.

Dampak positif itu diantaranya, pertama, anak didik mendapatkan pengalaman secara langsung memproduksi minyak tradisional. Kedua, meneruskan informasi kearifan lokal tersebut kepada generasi pelanjut melalui para siswa SMA dan SMK se Sultra.

Ketila, bisa berkontribusi nyata dalam menjawab kelangkaan minyak goreng yang dirasakan selama ini. “Hasil produksi melampaui target 12 ribu liter dari 3.000 tungku yang dinyalakan,” jelas Asrun.

Baca Juga : Kadikbud Sultra : Jaga Kualitas Pendidikan

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini melanjutkan, dari hasil produksi minyak goreng secara tradisional tersebut, selain dibagikan kepada para kelompok, juga dijual untuk pengembalian biaya operasional pembuatan.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Dikbud Sultra, Wa Ode Munanah mengungkapkan, selain minyak goreng tradisional yang dibeli dari hasil gerakan massal, juga terdapat sembilan bahan pokok lainnya seperti beras dan mie instan yang diserahkan ke pondok-pondok pesantren Tahfiz Qur’an, anak yatim, termasuk pensiunan Dikbud Sultra yang membutuhkan.

“Untuk Kota Kendari, bantuan ini kita salurkan pada beberapa titik, diantaranya pertama di Panti Asuhan Al-Hidayah Wuawua, Al-Ihklas Baruga, Panti Asuhan Nurul Qamariyyah Kendari, Markaz Tahfidz Al-Quran Abdurrahman Bin Auf Wahdah Islamiyah Kendari, dan beberapa titik jalan umum, dan akan dilanjutkan pada belasan pensiunan Dikbud Sultra di Kota Kendari,” jelas Munanah.

Istri dari Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio ini menjelaskan, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh masing-masing Dharma Wanita lingkup Dikbud Sultra yang tersebar pada 17 kabupaten kota di Sultra, termasuk silaturahim ke pensiunan pegawai Dikbud yang membutuhkan bantuan.

 

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version