DaerahMUNA BARAT

Bagikan Masker ke Warganya, Kades Kusambi: Selalu Gunakan Masker

330
×

Bagikan Masker ke Warganya, Kades Kusambi: Selalu Gunakan Masker

Sebarkan artikel ini
Kades Kusambi, ,Ruslan,S. Hut saat memberikan masker kepada salah satu anggota tim relawan satgas covid-19 Desa Kusambi untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat, Minggu, 3 Mei 2020.(Foto: Jul Awal/Mediakendari.com).

Reporter: Jul Awal / Editor: Laode Maniala

LAWORO – Pemerintah Desa (Pemdes) Kusambi, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) membagikan 600 lembar masker kepada warganya, Minggu 3 Mei 2020.

Kades Kusambi, Ruslan mengatakan kebijakan ini menindaklanjuti pesan Bupati Laode M Rajiun Tumada dalam upaya memutus penyebaran covid 19.

“Warga harus senantiasa menggunakan masker. Makanya hari ini pemdes bagikan masker kepada warga desa agar saat bepergian selalu menggunakan masker,” jelas Ruslan usai pembagian masker secara simbolik kepada tim relawan di Desa Kusambi, Minggu 3 Mei 2020.

Ia menjelaskan untuk mempercepat penyaluran ratusan masker itu, pemdes melibatkan tim relawan covid-19 Desa Kusambi yang terdiri dari unsur seperti bidan dan perawat desa, mahasiswa dan perangkat desa.

“Setelah ini tim relawan akan turun ke setiap dusun, karena disini ada empat dusun. Jadi hari ini akan kita bagikan semua. Dari 700-an, saat ini jumlah warga yang ada disini hampir 600, yang lain di luar daerah,” tuturnya.

Sebelumnya, upaya pencegahan covid pihaknya melalui tim gugus tugas covid-19 desa rutin melakukan penyemprotan disinfektan kepada rumah warga, termasuk pencegahan di perbatasan desa diaktifkan, dan warga yang datang dari perantauan seperti mahasiswa dikarantina mandiri dan diberikan sembako.

“Sesuai perintah bupati penyemprotan disinfektan setiap Senin Kamis, itu rutin. Kemudian posko mulai dioperasikan dari minggu lalu. Di posko itu dilakukan pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan kepada kendaraan yang melintas masuk dan keluar Mubar, dan 6 mahasiswa Kusambi yang studi di luar daerah dikarantina, bahkan mereka itu diberikan sembako,” jelasnya.

Ketgam : Tim relawan Desa Kusambi Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat saat foto bersama usai pemberian masker oleh Kades Kusambi, Ruslan, S. Hut (kiri belakang) kepada tim relawan, di gedung aula serba guna desa, Minggu,3 Mei 2020.

Terkait warga penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) akibat dari covid-19, Ruslan mengaku sudah ditetapkan sebanyak 146 KK, dengan jumlah anggaran yang disediakan sebenarnya 280 juta lebih.

“Namun karena hanya 146 KK yang layak dan memenuhi syarat sehingga sisa dari BLT-DD itu akan dialihkan pada kegiatan lain yang masih dalam pencegahan covid-19,” tuturnya.

“Selain itu, saya juga menegaskan agar setiap warga baik yang masuk dan keluar di wilayah Desa Kusambi agar menggunakan masker. Jika tidak tindakan yang akan kami lakukan adalah warga akan dikembalikan ke tempat semula,” tegas Kades Muda ini. (B)

You cannot copy content of this page