BAUBAU

Baubau Kehabisan Stok Masker, Pemda Diminta Segera Cari Solusi

199
Sejumlah apotek di Kota Baubau mulai mengalami ke kosongan stok masker. Foto: Adhil/mediakendari.com

Reporter: Adhil

BAUBAU – Pasca merebaknya isu virus corona telah menyebar di Indonesia, warga di sejumlah daerah mulai mengeluhkan menipisnya stok masker di toko maupun di apotek.

Kondisi yang sama juga terpantau di Kota Baubau, dimana sejumlah apotek melaporkan mulai kehabisan stok masker, akibat meningkatkan pembelian sejak sepekan terakhir.

Memastikan kondisi tersebut, Kepada Kapolres Baubau dan sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Baubau mengunjungi sejumlah apotek.

Saat dikunjungi, sejumlah pemilik apotek mengakui stok masker mulai menipis sejak Desember 2019 lalu dan memasuki Februari 2020, stok mulai habis. Bahkan beberapa apotek sudah tidak menjual masker.

“Bukan cuma kami di apotek, tapi dari pihak distributor juga keluhkan sulitnya dapat pasokan masker. Kalau untuk harga jual bervariasi, ada yang masih jual dengan harga normal ada juga yang jual sedikit naik dari harga normal. Yang pasti, untuk saat ini stok kosong,” ungkap La Ode Azharuddin penanggung jawab Apoteker Apotek Kimia Farma, ditemui Jumat 6 Maret 2020.

Sehari sebelumnya, Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari yang turun langsung memantau penjualan masker di apotek, mengimbau pemilik apotek tidak melakukan upaya penimbunan masker untuk mencari keuntungan pribadi, serta berharap penjualan masker tetap pada harga yang wajar.

“Kita turun pantau langsung bersama Forkopimda. Kita ingin pastikan tidak ada oknum yang nakal memanfaatkan momen Corona untuk dapat untung. Jika ada yang ditemukan segera lapor ke kami. Kita pastikan akan beri sanksi tegas,” ucap Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari, ditemui usai mengunjungi sejumlah apotek di Kota Baubau, Kamis 5 Maret 2020.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Baubau, H Zahari mengimbau masyarakat Kota Baubau tetap tenang dan tidak gaduh akibat isu Corona hingga kabar kosongnya stok masker khususnya di Kota Baubau.

Dirinya berjanji akan segera mendorong Pemerintah Kota Baubau untuk berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya guna mencari solusi terhadap kosongnya stok masker di Baubau.

“Masyarakat harus tetap tenang. Kita akan berupaya semaksimal mungkin. Kita juga imbau masyarakat Baubau tetap jaga kesehatan. Rajin olahraga dan budayakan hidup sehat. Tentu harapan kita semua, Corona tidak sampai ke Kota Baubau,” kata H Zahari menambahkan.

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version