NEWS

BKKBN Sultra Gelar Rakerda, Siap Turunkan Angka Stunting Dan Sukseskan Program Bangga Kencana

792
×

BKKBN Sultra Gelar Rakerda, Siap Turunkan Angka Stunting Dan Sukseskan Program Bangga Kencana

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar rapat kerja daerah (Rakerda) di hotel Claro, Selasa (14/2/2023).

Rakerda BKKBN Sultra diikuti sekiranya 184 peserta perwakilan dari 17 kabupaten kota se Sultra. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang penandatangan Memorandum Of Understanding (MOU) pada 30 pihak terkait.

Diantaranya adalah Bapelkes Prov. Sultra, Kemenag Prov. Sultra, OPD KB pada 17 Kab/Kota, serta 11 Media terpilih.

Baca Juga : Sekda Sultra RSU Bahteramas Sultra Raih Nilai Paripurna

Mengusung tema Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Pencapaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

Kepala BKKBN RI yang dalam hal ini diwakili oleh Prof. Rizal Damanik, PhD, selaku Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI menegaskan melalui rakerda ini sinergitas seluruh pemerintah daerah dan mitra kerja terus ditingkatkan.

“Harapannya sinergitas, kolaborasi, bantuan, komitmen baik pemerintah pusat, daerah, mitra kerja maupun pemangku kepentingan bisa terealisasikan sehingga program ini berjalan dengan lancar” kata Rizal dalam sambutannya, Selasa (14/02/2023).

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Gubernur Sultra, Drs. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan rakerda juga sebagai ajang evaluasi terkait penurunan angka stunting di Sulawesi Tenggara.

“Jadi evaluasi memang diadakan setiap 3 bulan, jadi 3 bulan kedepan sekitar bulan 5, kita akan push terus dari angka 27,7% menjadi 27,2% kalau bisa 27,0%” tegas Wagub Sultra, Lukman Abunawas.

Lanjutnya, BKKBN melalui program Bangga Kencana ini bisa menjadikan Sultra Emas, Sultra dengan ekonomi yang efektif, maju, sejahtera dan bermartabat.

Baca Juga : KPU Sultra Bagikan Bunga di Hari Valentine

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra Asmar mengatakan Rakerda ini merupakan tindak lanjut hasil rapat kerja nasional program bangga kencana yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 25 Januari 2023 lalu serta meningkatkan capaian program Bangga Kencana.

“Rakerda kali ini fokus pada pembahasan Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Pencapaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, melalui optimalisasi sumber daya dan konvergensi lintas sektor baik pemerintah pusat, pemda Sultra dan Pemerintah Provinsi,” kata Amsar.

Untuk itu diharapkan adanya komitmen Pemda dan mitra kerja dalam mendukung performa kerja Bangga Kencana dapat ditingkatkan untuk pelayanan, dan penurunan stunting di Sultra.

Reporter : Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page