BAUBAUHEADLINE NEWSNEWS

BPBD Baubau Sebut Ketersediaan Air Dalam Kota Masih Cukup

1624
×

BPBD Baubau Sebut Ketersediaan Air Dalam Kota Masih Cukup

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menyebut saat ini ketersediaan air dalam kota terbilang masih cukup kendati saat ini bencana kekeringan akibat El Nino melanda sejumlah daerah.

Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengatakan meski ketersediaan air masih cukup pihaknya mengimbau agar masyarakat di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu menghemat penggunaan air.

Menurutnya, dengan langkah itu diharapkan kebutuhan air untuk masyarakat dapat terpenuhi hingga musim penghujan tiba.

“Untuk air minum masih aman. Belum ada laporan dari Kelurahan yang menyatakan kekeringan pasokan air minum. Mungkin ini disebabkan sudah banyak ditemukan sumber-sumber air seperti sumur bor dan PDAM,” ungkap Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali dalam keterangannya ditulis Sabtu, 21 Oktober 2023.

Muslimin Hibali juga meminta masyarakat terkhusus yang berada di wilayah perkotaan yang sebagian besar pengguna PDAM bila tempat menampung air seperti bak airnya jika telah penuh agar langsung mematikan aliran kran air PDAM-nya. “Jangan boros karena saat ini debet air sudah berkurang,” ujarnya.

Ia menambahkan merujuk pada data BMKG, dampak El Nino di Kota Baubau baru akan mereda nanti di awal bulan Februari 2024. Olehnya itu masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan air untuk kegiatan sehari-hari.

“Sesuai analisa BMKG, tadinya diprediksi El Nino sampai di akhir September lalu, tapi ternyata tidak. Mudah-mudahan tidak berlangsung lama lagi. Melihat kondisi cuaca meskipun mendung tapi tidak juga turun hujan,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page