KOTAKUNEWS

BPBD Kendari Bersihkan Saluran Kali Andounohu

539
×

BPBD Kendari Bersihkan Saluran Kali Andounohu

Sebarkan artikel ini
Petugas BPBD Kota Kendari, bersama warga sekitar membersihkan saluran kali Andounoho, Kota Kendari. Foto Ronas/Mediakendari.com

KENDARI, Mediakendari.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari membersihkan saluran kali Andounohu, Kecamatan Poasia untuk mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Kendari. Hal itu sebagaimana dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Fadlil Suparman, saat ditemui, Kamis 16 Mei 2024 di lokasi.

“Ini pembersihan kali Andounohu, sampah yang menyumbat aliran sungai. Yang kerja petugas dari BPBD Kota Kendari, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas PUPR, kemudian Dinas Perumahan dan Pertanahan Kota Kendari, serta dibantu oleh warga sekitar,” ujarnya.

Lanjut Ia mengatakan, pembersihan saluran kali Anounohu dari tumpukan sampah tersebut, untuk mencegah aliran air meluap ke atas permukaan tanah sehingga terjadi bencana banjir.

“Perlunya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di salurah kali maupun drainase. Karena itu menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran air, sehingga menimbulkan banjir,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini seluruh Kota Kendari dilakukan pembersihan di daerah aliran sungai yang tersumbat, seperti kali Andounohu, kali Kambu, kali Anawai dan Wua- wua depan RS Hati Mulia.

“Pembersihan di daerah aliran sungai yang tersumbat itu, untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Kendari,” pungkasnya.

Reporter: Ronas

You cannot copy content of this page