BREAKING NEWSKendariSOSOK

Buka Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten Buton, Busel, dan Buteng, Pj Gubernur Sultra : Saya Berharap Anggota DPRD Dapat Menjalankan Tugasnya Dengan Baik

118

KENDARI, mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol. (P) Dr (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H., secara resmi membuka kegiatan orientasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton, Buton Selatan (Busel), dan Buton Tengah (Buteng), angkatan kedua, pada Selasa (15/10/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tenggara di Hotel Claro, Kendari.

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Sugeng Hariyono, Pj. Bupati Buton Selatan, Pj. Bupati Buton Tengah atau yang diwakili, Koordinator Widyaiswara, Sekda Kab. Buton, Busel dan Buteng, Sekretaris DPRD dari ke Tiga Kabupaten, Narasumber dan seluruh peserta orientasi DPRD angkatan kedua tahun 2024.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menyebutkan bahwa kegiatan Orientasi tersebut Penting untuk dilakukan agara Anggota DPRD dapat Memahami Tugas dan Fungsi serta Tanggungjawabnya.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dr. Sugeng Hariyono kepala BPSDM Mendagri bersama Widyasuara dan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang telah dilantik dan berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab.

“Orientasi ini sangat penting untuk membantu para anggota DPRD memahami lebih dalam ruang lingkup tugas dan fungsi mereka, serta komitmen untuk memajukan daerah,” ujar Andap sapaan Akrab Pj Gubernur Sultra.

Andap juga menekankan pentingnya menjaga integritas dan moralitas dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

“Jabatan ini bukan hanya sekadar amanah, tetapi juga merupakan jalan untuk beribadah dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutur Andap Budhi Revianto.

Mantan Kapolda Sultra berharap para anggota DPRD mampu mengambil keputusan politik yang tepat, yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Buton, Buton Selatan, dan Buton Tengah.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya memahami konsep pemerintahan daerah berbasis hukum dan perencanaan pembangunan yang matang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata.

“Harapan saya anggota DPRD melakukan Sinergi dan Kinerja yang lebih baik dengan pemerintah setempat,” cetusnya.

Di akhir sambutannya, Pj Gubernur Sultra juga mengapresiasi seluruh peserta orientasi yang telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme dan komitmen. Ia berharap ilmu yang didapat selama orientasi dapat diimplementasikan dalam tugas sehari-hari untuk meningkatkan kinerja dan kredibilitas DPRD.

“Kegiatan orientasi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan berintegritas di wilayah Sulawesi Tenggara,” cetus Andap.

Sementara itu, Ketua Panitia, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tenggara, Syahruddin Nurdin, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Pj. Gubernur Sultra atas kehadirannya. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan orientasi ini didasari oleh beberapa regulasi, antara lain Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, serta beberapa peraturan terkait lainnya.

“Tujuan dan Sasaran Kegiatan Orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD tentang tugas, fungsi, dan wewenang mereka, memperkuat wawasan kebangsaan, serta menjaga integritas dan moralitas dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat,” bebernya.

Syahruddin Nurdin menyebutkan materi orientasi mencakup wawasan kebangsaan yang dilandasi oleh Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika, serta penguatan peraturan perundang-undangan dan tata tertib DPRD.

“Peserta orientasi angkatan kedua ini berjumlah 75 orang yang terdiri dari 25 anggota DPRD Kabupaten Buton, 25 anggota DPRD Kabupaten Buton Selatan, dan 25 anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah. Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari dihotel Claro Kendari, dari tanggal 15 hingga 18 Oktober 2024,” terang Syahruddin Nurdin,

Laporan : Redaksi/ IKP

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version