NEWSSULTRA

Caleg Rais Jaya Rahman Janjikan Pembentukan Koperasi untuk Masyarakat Bataraguru di Baubau

903
×

Caleg Rais Jaya Rahman Janjikan Pembentukan Koperasi untuk Masyarakat Bataraguru di Baubau

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Calon anggota legislatif (Caleg) daerah pemilihan (Dapil) III Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rais Jaya Rachman menjanjikan bakal membentuk koperasi rakyat untuk masyarakat Dapil III terkhusus masyarakat Kelurahan Bataraguru bila terpilih sebagai anggota DPRD Baubau.

Janji itu disampaikan Rais saat menggelar sosialisasi dan silaturahim sekaligus kampanye tatap muka perdana yang turut dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan, La Ode Ahmad Monianse dan Caleg DRPD Sultra, La Ode Ahmad Monianse, Kamis malam 18 Desember 2023.

Pria yang akrab disapa RJR itu mengatakan salah satu program yang menjadi fokus PDIP yakni pengembangan koperasi. Sejalan dengan komitmen itu, jika diamanahkan terpilih menjadi wakil rakyat Rais berjanji akan menyisihkan gaji Rp 5 hingga 10 juta setiap bulan ke beberapa daerah binaan yang disalurkan melalui koperasi rakyat.

“Saya menyampaikan ini dihadapan Ketua DPC PDIP Kota Baubau artinya ini menjadi salah satu komitmen saya. Ada beberapa titik wilayah binaan yang nanti akan kita bangun koperasi rakyat diantaranya kawasan BWI, Bataraguru dan Tomba. Bukan berarti daerah lain kita tidak porsikan tapi karena keterbatasan tentu ini kita mulai dengan beberapa daerah percontohan,” ungkapnya.

Rais menjelaskan mengenai konsep pengelolaan koperasi rakyat nantinya dana yang disisihkan dari setiap bulan yang bersumber dari gajinya jika terpilih sebagai anggota DPRD Kota Baubau sepenuhnya akan dikelolah masyarakat dan anggota koperasi.

Besaran dana tersebut diakui tidak seberapa, namun dirinya optimis dengan pengelolaan yang baik maka dana tersebut bisa bermanfaat sebagai modal usaha maupun kebutuhan mendesak bagi anggota koperasi.

Rais juga tidak lupa mengajak warga untuk menjalani pesta demokrasi dengan riang gembira. Mantan anggota DPRD Kota Baubau periode 2009-2014 itu berharap jangan ada konflik maupun intimidasi dalam hajatan lima tahunan itu.

“Siapapun kandidat yang telah ditetapkan menjadi calon anggota legislatif berhak untuk melakukan sosialisasi dan konsolidasi untuk meraih pilihan masyarakat selaku pemilik kedaulatan. Jadi jangan sampai ada larangan apalagi sampai intimidasi. Seluruh proses demokrasi ini akan kita lalui,” ungkap Caleg PDIP nomor urut 2 itu.

Dikatakan tantangan menjadi wakil rakyat bukan pada wilayah kewenangan sebagai anggota legislatif. Menurutnya, ilmu bagaimana menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat, caleg PDIP telah matang dalam memahami di luar kepala.

“Pengetahuan untuk menjadi anggota DPRD bukan menjadi hal yang sulit bagi kami. Yang berat itu komitmen moril, karena tidak semua wakil rakyat memiliki komitmen moril untuk mencari solusi setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Rais juga mengulas mengenai peningkatan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, masih banyak warga Kota Baubau yang masuk klasifikasi ekonomi menengah ke bawah. Disisi lain masyarakat selalu terkendala dengan sulitnya mendapatkan modal usaha maupun persyaratan yang wajib dipenuhi ketika melakukan pinjaman perbankan.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page